Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Arisan!

Arisan!
Poster film Arisan!
SutradaraNia Dinata
ProduserNia Dinata
Ditulis olehJoko Anwar
Nia Dinata
PemeranCut Mini Theo
Tora Sudiro
Aida Nurmala
Surya Saputra
Rachel Maryam
Penata musikAndi Rianto
SinematograferYudi Datau
PenyuntingDewi S Alibasah
Perusahaan
produksi
DistributorKalyana Shira Film
Tanggal rilis
10 Desember 2003
Durasi129 menit
BahasaIndonesia
AnggaranRP 2,000,000,000
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2004

Arisan! adalah sebuah film drama satir Indonesia yang dirilis pada tahun 2003 yang diproduseri, disutradari, dan ditulis oleh Nia Dinata, dengan kolaborasi bersama Joko Anwar pada skenario. Film ini dibintangi oleh Cut Mini Theo, Tora Sudiro, Aida Nurmala, Surya Saputra, dan Rachel Maryam. Arisan! telah berulang kali dinobatkan sebagai salah satu film Indonesia terbaik yang pernah dibuat oleh berbagai media dan publik, dan ditunjuk (bersama film-film lain seperti Petualangan Sherina dan Ada Apa dengan Cinta?) sebagai film penggerak semangat perfilman Indonesia yang sempat mati suri di akhir dekade 1990-an.

Saat dirilis, Arisan! membuat kontroversi yang cukup menghebohkan, yaitu menjadi film Indonesia pertama yang menampilkan adegan ciuman antara dua orang pria dalam layar perak. Meskipun banyak yang ragu atas keputusan dimasukkannya adegan kontroversial ini, sutradara Nia Dinata tetap memasukkan adegan tersebut dalam "final cut". Saat filmnya dirilis, mendapat reaksi yang sangat positif dan masing-masing Tora Sudiro dan Surya Saputra mendapatkan Piala Citra untuk akting mereka.

Pada Festival Film Indonesia 2004 – yang pertama kali digelar setelah absen 12 tahun lamanya, Arisan! mendapatkan total 11 nominasi, meliputi seluruh nominasi yang bisa diikuti sebuah film, yang merupakan sebuah rekor sampai saat itu. Film ini memenangkan total 5 piala; termasuk Film Terbaik dan tiga penghargaan untuk akting: Aktor Terbaik untuk Tora Sudiro, Aktor Pendukung Terbaik untuk Surya Saputra dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Rachel Maryam. Selain respons yang sangat positif dari kritikus dan masyarakat, film ini juga ditampilkan dalam Festival Film Asean di Washington, DC pada tahun 2005.

Setelah delapan tahun, film ini diikuti oleh sebuah sekuel, Arisan! 2, yang dirilis pada tahun 2011.

Plot

Memey (Cut Mini), Sakti (Tora Sudiro), dan Andien (Aida Nurmala) adalah tiga teman SMA yang telah bersahabat sampai mereka dewasa dan telah memiliki kehidupan masing-masing. Sifat ketiganya yang bertolak belakang - Memey adalah orang yang no-nonsense dan serius, Sakti lebih reserved dan mengikuti arus, sementara Andien lebih spontan, justru membuat ketiganya melengkapi kehadiran satu sama lain. Memey bekerja sebagai desainer interior, Sakti berprofesi sebagai arsitek, sedangkan Andien adalah seorang mantan sekretaris yang akhirnya memilih menjadi ibu rumah tangga karena menikah dengan atasannya, Bob (Joshua Pandelaki) dan telah memiliki sepasang anak kembar. Memey sendiri telah menikah dengan suaminya yang berprofesi sebagai pengacara, Ical (Nico Siahaan) meski belum mendapatkan anak, dan Sakti sendiri masih single.

Memey diundang Andien untuk bergabung di klub arisan-nya, yang juga diikuti oleh ibu Sakti, Grace. Arisan menjadi ajang para masyarakat yang memiliki kehidupan berada untuk saling memamerkan kemapanan hidup mereka dan membicarakan satu sama lain, dan ini adalah running theme dari film ini. Sama halnya pada Memey, Sakti dan Andien. Meskipun ketiganya dekat dan berjanji untuk selalu bercerita tentang masalah masing-masing, mereka punya rahasia yang dianggap tidak perlu untuk dibicarakan pada sahabatnya. Kehidupan rumah tangga Memey dan Ical tidaklah harmonis karena Memey belum juga mendapatkan buah hati, sementara Andien harus mengalami kenyataan pahit karena Bob ketahuan selingkuh. Puncaknya, Sakti menyadari kalau dia adalah seorang gay.

Andien, yang semula adalah istri rumah tangga yang bahagia karena suami dan anak kembarnya, berubah menjadi wanita metropolitan bebas yang berlaku semaunya dan menuntut Bob cerai, meskipun Bob mengaku menyesal berkali-kali dan memohon permintaan maaf Andien. Perilaku Andien yang berubah ini membuat Memey khawatir, tetapi ia sendiri juga disibukkan dengan masalah pernikahan dan pekerjaannya sendiri. Sakti kedatangan sepupunya dari Sumatera Utara, Lita (Rachel Maryam) yang sekilas lugu dan kampungan namun sebenarnya adalah seorang sarjana lulusan Fakultas Hukum. Lita berkenalan dengan Andien dan Memey, dan akhirnya tinggal di Jakarta bersama Sakti dan Grace.

Suasana semakin ramai ketika Nino (Surya Saputra) datang. Nino adalah seorang sutradara muda tampan yang baru-baru ini mengundang kontroversi karena terus menyutradarai film dengan unsur LGBT, dan ia berniat untuk berbisnis dengan Sakti karena rekomendasi dari kolega lain. Setelah bertemu, ternyata Nino berbohong ingin berbisnis dengan Sakti karena rekomendasi - ia tertarik pada Sakti dan ingin mengenalnya lebih jauh. Mereka pun berciuman dan resmi menjadi pasangan meskipun berstatus discreet, karena Sakti tidak ingin ibunya tahu. Memey, di lain pihak, akhirnya diberi tahu oleh dokter bahwa ia infertile alias tidak bisa hamil, sementara Andien semakin berperilaku liar dengan mengencani pria-pria muda meskipun belum bercerai dari Bob.

Setelah Nino datang secara tiba-tiba ke acara arisan yang dilaksanakan di rumah Sakti dan Grace, Memey pun salah paham terhadap perhatian Nino yang ditujukan pada Sakti, dan Memey mengutarakan pada Sakti bahwa ia ingin berhubungan lebih jauh dengan Nino, karena ia tahu ia sudah tidak bahagia lagi dengan Ical. Sakti yang jelas tidak mau kehilangan pasangannya pun bingung bagaimana cara menyampaikannya pada sahabatnya. Beberapa hari kemudian, pada sebuah event yang diatur oleh Memey, Andien terlihat flirting dengan pria muda lain. Memey yang kesal, akhirnya menyudutkan Andien dan mengingatkannya bahwa ia masih menikah dengan Bob. Andien yang marah balik menyerang Memey dengan dalih bahwa Memey sendiri terlalu uptight dan tidak tahu cara menikmati hidup. Keduanya marah dan hampir berkelahi, tetapi diakhiri dengan Andien meninggalkan acara.

Masalah yang paling ditakutkan Sakti terjadi - ternyata saat ia dan Nino sedang berdebat di kamarnya pada acara arisan tempo hari, sebenarnya Lita sedang mendengarkan di balik pintu, dan Grace juga ada di sana. Grace bicara dengan Nino bahwa sebagai seorang ibu ia hanya ingin melihat Sakti, anak satu-satunya itu bahagia. Meskipun Sakti awalnya merasa sangat khawatir karena ibunya tahu ia menyukai sesama jenis, ibunya ternyata suportif dan tidak mengindahkan aspek itu, karena Sakti tetaplah anaknya. Sakti yang bernapas lega, ternyata ditelepon oleh Memey, yang mengatakan bahwa ia butuh jemputan untuk membawa Andien yang tertangkap membawa narkoba yang diselundupkan oleh salah satu teman mainnya dan ditahan di kantor polisi. Dalam perjalanan setelah menebus Andien kembali, Sakti akhirnya berterus terang pada Memey dan Andien bahwa ia menyukai sesama jenis, dan Nino adalah pacarnya. Memey menolak untuk berkomentar karena shock, tetapi terlihat jelas bahwa ia terpukul saat melihat Sakti dan Nino berpelukan setelah mengantarkan Andien.

Ketiga sahabat itu akhirnya mengambil keputusan besar dalam hidup mereka untuk menjadi lebih baik. Sakti, yang sudah nyaman dengan statusnya sebagai pria gay, hidup tanpa beban bersama Grace, Lita, dan Nino. Memey meninggalkan Ical, sementara Andien dan Bob saling memaafkan satu sama lain dan menjadi harmonis lagi. Film berakhir pada kegiatan yang menyambungkan film ini menjadi satu: arisan, yang sekali ini digelar oleh Memey. Memey masih sedikit kesal terhadap Sakti, tetapi bukan karena Nino, melainkan karena Sakti tidak bercerita padanya dan Andien tentang jati dirinya. Akhirnya, ketiganya bersama-sama keluar dari grup arisan yang penuh dengan hedonisme dan superficiality itu, dan bahagia sebagai sahabat tanpa ada rahasia di antara mereka.

Pemeran

Penayangan

Film ini untuk pertama kalinya ditayangkan melalui stasiun televisi Nasional ANTV setelah membeli saham oleh Disney Star pada Minggu, 30 April 2006 mulai pukul 19:00 WIB.

Respon and penghargaan

Arisan! adalah salah satu film yang paling dipuji pada tahun 2004, dan pada penyelenggaraan kembali Festival Film Indonesia setelah absen dua belas tahun lamanya, Arisan! adalah salah satu film yang dijagokan untuk menang. Film ini mendapatkan total 11 nominasi, termasuk empat untuk akting, tetapi Cut Mini gagal mendapatkan nominasi Aktris Terbaik. Arisan! memenangkan lima piala Citra, termasuk Film Terbaik dan tiga piala untuk akting. Arisan! juga mendapatkan tujuh nominasi Festival Film Bandung, memenangkan dua untuk Film dan Sutradara Terpuji, dan lima nominasi MTV Indonesia Movie Awards, memenangkan satu.

Penghargaan Tahun Kategori Penerima Hasil
Festival Film Indonesia 2004 Film Bioskop Terbaik Arisan! Menang
Sutradara Terbaik Nia Dinata Nominasi
Aktor Terbaik Tora Sudiro Menang
Aktor Pendukung Terbaik Surya Saputra Menang
Aktris Pendukung Terbaik Aida Nurmala Nominasi
Rachael Maryam Menang
Skenario Terbaik Nia Dinata dan Joko Anwar Nominasi
Tata Sinematografi Terbaik Yudi Datau Nominasi
Tata Artistik Terbaik Ari Juwono Nominasi
Penyunting Terbaik Dewi S. Alibasyah Menang
Tata Musik Terbaik Andi Rianto Nominasi
Festival Film Bandung 2004 Film Terpuji Arisan! Menang
Sutradara Terpuji Nia Dinata Menang
Aktor Terpuji Surya Saputra Nominasi
Tora Sudiro Nominasi
Aktris Terpuji Aida Nurmala Nominasi
Cut Mini Nominasi
Penulis Skenario Terpuji Nia Dinata dan Joko Anwar Nominasi
MTV Indonesia Movie Awards 2004 Most Favourite Actor Tora Sudiro Nominasi
Most Favourite Actress Cut Mini Theo Nominasi
Most Favourite Supporting Actor Surya Saputra Menang
Most Favourite Supporting Actress Rachel Maryam Nominasi
Aida Nurmala Nominasi

Pranala luar

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Ramadhan dan Ramona
(1992)
Film Bioskop Terbaik
(Festival Film Indonesia)

Produksi: Kalyana Shira Films
Diteruskan oleh:
Gie
(2005)

Read other articles:

Marisela Personaje de Doña BárbaraCreado por Rómulo GallegosInterpretado por Génesis RodríguezMaría Elena MarquésSandra BallesterosEsperanza MagazMarisela BertiInformación personalNombre de nacimiento MariselaAlias La Catira Niña de mis ojosNiñaNacimiento valor desconocidoNacionalidad VenezolanaResidencia La Candelaria. Cinaruco, Apure. VenezuelaHato Altamira (El Miedo), Apure, VenezuelaReligión CatólicaCaracterísticas físicasSexo FemeninoColor de pelo Rubio y CastañoColor de ojos…

Championnat d'Europe de patinage artistique 1892 Généralités Sport patinage artistique Organisateur(s) ISU Édition 2e Lieu(x) Vienne Date 24 janvier 1892 Épreuves 1 Site(s) Patinoire extérieure de Vienne Navigation Édition précédente Édition suivante modifier Le championnat d'Europe de patinage artistique 1892 a lieu le 24 janvier 1892 à la patinoire extérieure de Vienne dans l'empire d'Autriche-Hongrie. Podium Épreuves Or Argent Bronze Messieursrésultats détaillés Eduard Eng…

Gezeiten als in den Weltmeeren umlaufende Wellen. Die Amplitude der Pegelschwankungen ist farbkodiert. Es gibt mehrere Knotenpunkte (Amphidromie) verschwindender Amplitude, um die die Wellen herumlaufen. Die Kotidallinien (Linien gleicher Phase, weiß) umgeben die Knotenpunkte büschelförmig. Die Wellenausbreitung erfolgt senkrecht zu diesen Linien. Die Richtung ist durch Pfeile angedeutet. Eine Kotidallinie ist eine Linie, die Orte gleicher Hochwasserzeit verbindet. Der Begriff geht zurück au…

School district in Florida, United States Orange County Public SchoolsRonald Blocker Educational Leadership Center, the district headquartersAddress445 West Amelia Street[1] Orlando, Florida, 32801-1129United StatesDistrict informationTypePublic school districtSuperintendentMaria F. VazquezDeputy superintendent(s)Michael Armbruster, Bridget WilliamsChair of the boardTeresa JacobsOther informationWebsitewww.ocps.net Orange County Public Schools (OCPS) is the public school district for Ora…

Aéroport international General Abelardo L. Rodríguez de TijuanaAeropuerto Internacional General Abelardo L. Rodríguez, Aeropuerto Internacional de Tijuana Localisation Pays Mexique Ville Tijuana Coordonnées 32° 32′ 27″ nord, 116° 58′ 12″ ouest Altitude 149 m (489 ft) Informations aéronautiques Code IATA TIJ Code OACI MMTJ Code DGAC-M TIJ Nom cartographique Tijuana Type d'aéroport civil Gestionnaire Grupo Aeroportuario del Pacífico Pistes Direction L…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Januari 2023. Artikel atau sebagian dari artikel ini mungkin diterjemahkan dari List of accolades received by Argo (2012 film) di en.wikipedia.org. Isinya masih belum akurat, karena bagian yang diterjemahkan masih perlu diperhalus dan disempurnakan. Jika Anda menguasai…

  لمعانٍ أخرى، طالع الحريقة (توضيح). قرية الحريقة  - قرية -  تقسيم إداري البلد  اليمن المحافظة محافظة حجة المديرية مديرية أسلم العزلة عزلة أسلم الشام السكان التعداد السكاني 2004 السكان 104   • الذكور 56   • الإناث 48   • عدد الأسر 22   • عدد المساكن 23 معلوما…

Highest level of competition in Minor League Baseball Coca-Cola Park in Allentown, Pennsylvania, home of the Lehigh Valley IronPigs, the Triple-A affiliate of the Philadelphia Phillies Triple-A (officially Class AAA[1]) has been the highest level of play in Minor League Baseball in the United States since 1946. Currently, two leagues operate at the Triple-A level, the International League (IL) and the Pacific Coast League (PCL). There are 30 teams, one per each Major League Baseball (MLB…

العلاقات المارشالية السورينامية جزر مارشال سورينام   جزر مارشال   سورينام تعديل مصدري - تعديل   العلاقات المارشالية السورينامية هي العلاقات الثنائية التي تجمع بين جزر مارشال وسورينام.[1][2][3][4][5] مقارنة بين البلدين هذه مقارنة عامة ومرجعية للد…

Geopolitical area of Peru Overlooking the VRAEM Map of the Valle del ríos Apurímac, Ene y Mantaro Active areas of the Shining Path guerillas, currently active mostly in the VRAEM A military base in the VRAEM The Valle de los Ríos Apurímac, Ene y Mantaro (lit. 'Valley of the Apurímac, Ene and Mantaro rivers'), also known as the VRAEM, is a geopolitical area in Peru, located in portions of the departments of Ayacucho, Cusco, Huancavelica, and Junin.[1][2] It is one o…

This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Body Melt – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (April 2011) (Learn how and when to remove this template message) 1993 Australian filmBody MeltDVD coverDirected byPhilip BrophyWritten byRod BishopPhilip BrophyProduced byRod BishopDaniel ScharfStarringGerar…

Historic district in North Dakota, United States United States historic placeNorth Side Fargo Builder's Residential Historic DistrictU.S. National Register of Historic PlacesU.S. Historic district LocationRoughly bounded by Benjamin Franklin School area and Golf Course, First St., Twelfth Ave. N, and Fourth St., Fargo, North DakotaArea25.4 acres (10.3 ha)Built1925ArchitectJones, Paul W.; Et al.Architectural styleColonial Revival, Tudor RevivalMPSNorth Side Fargo MRANRHP reference&…

Lumpia semarang. Lumpia semarang (atau loenpia semarang) (Jawa: ꦭꦸꦤ꧀ꦥꦶꦪꦃ, translit. Lunpiyah) adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.[butuh rujukan][1] Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semaran…

Omaha Kaleidoscope was a brief-lived countercultural, antiwar underground newspaper published in Omaha, Nebraska in 1971. Edited by Tim Andrews and published monthly (later biweekly) in a tabloid format, it was part of the small Kaleidoscope chain of underground newspapers based in Milwaukee, Wisconsin. The first issue was dated Feb. 10, 1971.[1] See also List of underground newspapers of the 1960s counterculture Notes ^ About this Newspaper: Omaha Kaleidoscope Chronicling America, Libra…

Bank of the Philippine Islands Tipo Pública Slogan Ready Today, Ready Tomorrow. (Pronto hoje, pronto amanhã.) Atividade Finanças Fundação Manila, Filipinas(1 de agosto de 1851; há 172 anos) Sede Makita, Filipinas Pessoas-chave Jaime Augusto Zóbel de Ayala (Chairman)Cezar P. Consing (Presidente & CEO) Empregados 12.355 Ativos ₱1,450,197 milhões[1] (21.3%) (2014) Receita ₱52,498 milhões[1] (10.8%) (2013) Renda líquida ₱18,017 milhões[1] (25.5%) (2014) Website oficial bpi.com.p…

Upazila in Rangpur Division, BangladeshDomar ডোমারUpazilaDomarLocation in BangladeshCoordinates: 26°6′N 88°50.2′E / 26.100°N 88.8367°E / 26.100; 88.8367Country BangladeshDivisionRangpur DivisionDistrictNilphamari DistrictArea • Total250.84 km2 (96.85 sq mi)Population (1991) • Total175,507 • Density700/km2 (1,800/sq mi)Time zoneUTC+6 (BST)WebsiteOfficial Map of Domar Domar (Bengali: ডো…

Este artigo ou seção pode conter informações desatualizadas. Se tem conhecimento sobre o tema abordado, edite a página e inclua as informações mais recentes, citando fontes fiáveis e independentes. —Encontre fontes: ABW  • CAPES  • Google (N • L • A) Esta é uma lista de ministros do Planejamento do Brasil.[1] Período Populista (4.ª República) Nº Foto Nome Órgão Início Fim Presidente 1 Celso Furtado Ministério Extrao…

هذه مقالة غير مراجعة. ينبغي أن يزال هذا القالب بعد أن يراجعها محرر مغاير للذي أنشأها؛ إذا لزم الأمر فيجب أن توسم المقالة بقوالب الصيانة المناسبة. يمكن أيضاً تقديم طلب لمراجعة المقالة في الصفحة المخصصة لذلك. (مايو 2021) هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا…

American-French animated/CG television series Xiaolin ChroniclesXiaolin Chronicles promotional imageGenre Action-adventure Martial arts Created byChristy HuiDirected byChristelle NagaCollette Sunderman (voice director)Starring Tara Strong Eric Bauza Jennifer Hale David Kaye Michael Donovan Cree Summer Composers David Vadant Patrick Sigwalt Benjamin Ribolet Country of origin United States France Original languages English French No. of seasons1No. of episodes26ProductionExecutive producers Sandri…

Sunan Prapen adalah penguasa keempat yang memerintah kerajaan Giri Kedaton, yang dalam Babad Gresik disebutkan berkuasa antara tahun 1548 sampai 1605 M. Sunan Prapen merupakan cucu dari Sunan Giri dan putra Sunan Dalem. As-SyekhMuhammad Fadlullah( Raden Mas Pratikal )( Sunan Prapen )( Sunan Giri IV )Lukisan potret Sunan GiriSunan Giri IVMasa jabatan1548–1605PendahuluSunan SedamargiPenggantiPanembahan Kawis Guwa Informasi pribadiLahirMuhammad Fadlullah Kedatuan GiriMeninggal1605 Kebomas, Gresik…

Kembali kehalaman sebelumnya