Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Gereja Mawar Sharon

Gereja Mawar Sharon
PenggolonganKristen Protestan
Kitab suciAlkitab
TeologiPentakosta, Karismatik, Evangelikal
StrukturPastoral Sinodal
Ketua SinodePdt. Jusuf Soegiarto Soetanto
Wakil Ketua SinodePdt. Philip Mantofa
Sekretaris UmumPdt. Samuel Handoko Mulyanto
Bendahara UmumPdt. Caleb Natanielliem
PerhimpunanPersekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia
WilayahIndonesia
Seluruh Dunia (melalui media digital)
BahasaBahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bahasa Mandarin
Kantor pusatJl. Cempaka 16-24, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
PendiriPdt. Jusuf Soegiarto Soetanto & Pdm. Catharina Kusumadewi Hartana
Didirikan1984 (sebagai Persekutuan Doa)

1990 (sebagai Gereja)

2002 (sebagai Sinode)
Terpisah dariGereja Bethel Indonesia
Penyatuan dariGBI Mawar Sharon Surabaya, GBI Mawar Sharon Sidoarjo, JKI Imanuel Ungaran, JKI Amanat Agung Magelang, JKI Kemah Kemenangan Salatiga
PecahanGKRI Apostolic Community Surabaya, GBI Centro Sidoarjo, JKI Amanat Agung Solo
Pelayanan Bukit DoaYayasan Mawar Sharon (Bukit Doa Immanuel)
MisionarisYayasan Festival Kuasa Allah
Organisasi kemanusiaanYayasan Sentuhan Kasih Bangsa, Yayasan Mawar Sharon Peduli
Sekolah dasarYayasan Pendidikan Generasi Rajawali (Mawar Sharon Christian School)
Sekolah menengahYayasan Pendidikan Generasi Rajawali (Mawar Sharon Christian School)
Perguruan tinggiYayasan Seribu Anak Panah
PublikasiMedia Kehidupan Indonesia (Discover Bookstore), Media Rajawali Indonesia (Pustaka Rajawali)
Klinik Kesehatan UmumPoliklinik Sentuhan Kasih Bangsa

Gereja Mawar Sharon (GMS) adalah sinode gereja Kristen Protestan di Indonesia yang merupakan anggota Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII). Gereja Mawar Sharon bergerak dalam aliran Teologi Karismatik Pentakosta dan memiliki Visi "Gereja Sel yang Apostolik dan Profetik"; yaitu gereja yang diutus untuk menyuarakan kebenaran dan berdampak bagi dunia melalui pemuridan. Gereja yang dipenuhi oleh rupa-rupa karunia Roh Kudus dan bergerak dalam Amanat Agung untuk menjadikan semua bangsa murid Kristus dengan Misi "1.000 gereja lokal yang kuat dan 1.000.000 murid Kristus". Berawal dari sebuah Persekutuan Doa di kota Surabaya pada 1984, GMS kini bertumbuh dalam gereja-gereja lokal di berbagai wilayah.

Latar Belakang

1984 – 1989

Berawal dari wadah pelayanan bersama Pdt. Ir. Timotius Arifin Tedjasukmana, Pdt. Ir. Niko Njotorahardjo, dan Pdt. Jusuf Soegiarto Soetanto melalui "Surabaya Praise Centre" di bawah naungan GBI Jemaat Bethany, berdirilah Persekutuan Doa "Febe" pada tahun 1984 yang diadakan pertama kali di Jalan Embong Sawo, Surabaya. Setelah mendapat beberapa kali peneguhan serta penajaman panggilan pelayanan, dua tahun kemudian Persekutuan Doa Febe dipindahkan ke lokasi baru di Jalan Cempaka, Surabaya dan berganti nama menjadi Persekutuan Doa "Mawar Sharon".

1990 – 1999

Pada tahun 1990, Persekutuan Doa "Mawar Sharon" secara resmi berdiri sebagai gereja di bawah Sinode Gereja Bethel Indonesia. Setelah empat tahun, GBI Jemaat "Mawar Sharon" Surabaya mendapat Visi "Gereja yang Apostolik" dan tumbuhlah kelompok sel yang bernama KEMAS, PEMASA, dan REMASA. Pada tahun 1992-1995, dibangunlah Bukit Doa Immanuel sebagai wadah pelayanan Oikumene , yaitu rumah doa bagi semua denominasi dan komunitas lintas generasi dengan visi: "Unity, Healing, Revival". Pada tahun 1996, dilakukan peresmian gereja lokal pertama yang berlokasi di Surabaya Barat. Kemudian pada 1998, peresmian gereja lokal pertama di luar kota Surabaya, yaitu di Sidoarjo serta berdirinya gereja lokal yang berlokasi di Surabaya Selatan.

2000 – 2009

Pada tahun 2000, terjadi pembaruan kepemimpinan. Kemudian GBI Jemaat Mawar Sharon Surabaya mengundurkan diri secara baik-baik dari naungan Sinode Gereja Bethel Indonesia dan mendirikan Sinode Gereja Mawar Sharon. Visi dipertajam menjadi "Gereja Sel yang Apostolik dan Profetik", melalui Misi membangun "1.000 gereja lokal yang kuat dan 1.000.000 murid Kristus". Dimulai sejak tahun 2002, banyak gereja lokal dan regional mulai dirintis.

2010 – 2019

Pada tahun 2010, kelompok sel Kemas, Pemasa, Remasa, dan Amasa berubah nama menjadi Connect Group. Pada tahun 2015, diluncurkan buku "Upon This Rock I will Build My Church" untuk merayakan 25 tahun Gereja Mawar Sharon[1]. Kemudian, pada tahun 2017 dilakukan pembangunan kembali gedung gereja di Jalan Cempaka, sehingga ibadah untuk sementara diadakan di SIBEC ITC, Surabaya. Tahun 2019, struktur kepemimpinan Sinode Gereja Mawar Sharon diperbarui dalam Surat Keputusan Badan Pengurus Sinode Gereja Mawar Sharon Nomor 094/SK/X/2019/SKG/LAT tentang Pembentukan Wilayah Penggembalaan Otonomi. Wilayah penggembalaan satu dipimpin oleh Pdt. Jusuf Soegiarto Soetanto dan wilayah penggembalaan dua dipimpin oleh Pdt. Philip Mantofa.

2020 – sekarang

Pada tahun 2021 bertepatan dengan perayaan Natal, dilaksanakan ibadah pertama di gedung baru GMS Surabaya di Jalan Cempaka[2]. Lalu, pada tahun 2023 pembangunan gedung GMS 2 Surabaya Barat di Rooftop Pakuwon Mall telah selesai, serta diadakan ibadah peresmian di lokasi tersebut[3]. Hingga kini, gereja lokal di bawah naungan Sinode Gereja Mawar Sharon terus bertumbuh melalui wilayah dan regional di Indonesia, yaitu: Surabaya Otonomi 1, Surabaya Otonomi 2, Jakartajabarbanten (Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), Jatimbalinusa (Jawa Timur, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara), Sulampapua (Sulawesi, Ambon, Maluku, dan Papua), Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera. Serta Rose of Sharon Church (ROSC) sebagai wadah pelayanan mancanegara, yang kini berada di: Asia Tenggara, Asia Timur, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

Penekanan Teologi

Sinode Gereja Mawar Sharon percaya[4]:

  • Alkitab yang terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, adalah Firman Allah yang diilhamkan oleh Roh Kudus. Alkitab merupakan otoritas tertinggi dalam menetapkan seluruh doktrin kebenaran. Di dalam tulisan aslinya, Alkitab itu mutlak sempurna, dan tak ada kesalahan isi, tulis atau cetak (Amsal 30:5; Roma 16:25-26; II Timotius 3:16; II Petrus 1:20-21)
  • Trinitas, bahwa hanya ada satu Allah yang secara kekal terdiri dari tiga pribadi: Bapa, Anak (Yesus) dan Roh Kudus, Ketiganya adalah setara (co-equal) dan abadi (co-eternal). (Kejadian 1:26; Yesaya 9:6; Matius 3:16-17; Matius 28:19; Lukas 1:35; 1 Yohanes 5:7)
  • Bapa adalah pencipta segala sesuatu termasuk bumi beserta isinya, pemelihara dan yang memanggil umatNya untuk hidup dalam ketaatan dan persekutuan denganNya (Yesaya 40:28, Nehemia 9:6, Yohanes 1:13)
  • Yesus Kristus adalah Allah Anak, pribadi kedua dari Tritunggal. Di bumi, Yesus adalah seratus persen Allah dan seratus persen Manusia. Ia satu-satunya manusia yang hidup tanpa dosa. Ia dilahirkan dari seorang perawan, pembuat mujizat, mati di atas kayu salib untuk manusia dan dengan demikian menebus dosa kita melalui penumpahan darahNya. Sesuai Kitab Injil, Ia bangkit dari kematian pada hari ketiga, naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Bapa, dan akan kembali lagi dengan kuasa dan kemuliaan (Yesaya 9:6; Yohanes 1:1,14; Yohanes 20:28; Filipi 2:5-6; I Timotius 2:5; I Timotius 3:16)
  • Roh Kudus adalah pribadi ketiga dalam Tritunggal. Ia datang dari Bapa sebagai Penolong bahkan tinggal di dalam diri orang percaya. Ia memberikan kuasa dan memampukan orang percaya untuk hidup dan berbuah bagi kemuliaan Allah. Roh Kudus menyatakan segala perkara yang akan datang. (Yohanes 14:16-17,26; Galatia 5:22-23; Yohanes 16:13)
  • Yesus lahir dari rahim perawan Maria oleh kuasa Allah Bapa, melalui Roh KudusNya (pribadi ketiga dari Tritunggal) dan oleh karena itu, Dia (Yesus Kristus) adalah Anak Allah (Yesaya 7:14; Matius 1:18,23-25; Lukas 1:27-35)
  • Penebusan, bahwa manusia diciptakan baik dan tidak berdosa, tetapi oleh karena pelanggaran yang disengaja, manusia jatuh kedalam dosa. Umat manusia hanya mempunyai pengharapan dengan penebusan melalui Yesus Kristus, Anak Allah (Kejadian 1:26-31; Kejadian 3:15; Roma 5:12-21; Yohanes 1:29)
  • Pembaharuan, bahwa untuk mengenal Allah, setiap manusia harus diperbaharui oleh Roh Kudus (Yohanes 6:44,65; II Korintus 5:17).
  • Keselamatan, bahwa kita diselamatkan oleh anugerah melalui iman dalam Yesus Kristus: Kematian, Penguburan, dan KebangkitanNya. Keselamatan adalah sebuah pemberian dari Allah, bukan sebuah hasil usaha (perbuatan baik) kita (Roma 10:9; Kisah Rasul 16:31; Galatia 2:16; 3:8; Efesus 2:8-9; Titus 3:5)
  • Pertobatan adalah komitmen untuk berpaling dari dosa dalam setiap aspek kehidupan kita dan tekad mengikuti Kristus, yang mengijinkan kita untuk menerima penebusanNya dan diperbaharui oleh Roh Kudus. Demikian, melalui pertobatan, kita menerima pengampunan dosa dan keselamatan (Kisah Rasul 2:21; 3:19; I Yohanes 1: 9; Roma 10:13)
  • Pengudusan adalah proses dari kerja Firman Allah dan Roh Kudus di dalam mengembangkan karakter Kristus di dalam kita.
  • Darah Yesus yang tertumpah di atas kayu salib di bukit Kalvari adalah suci dan seratus persen cukup untuk menyucikan manusia dari semua dosa. Yesus merelakan diriNya disiksa dan dihukum bagi kebejatan dan dosa kita, sehingga olehNya semua orang percaya dibebaskan dari akibat dosa yaitu; kematian (Yohanes 1:29, Roma 5:9; Kolose 1:20; I Yohanes 1:7; Wahyu 1:5; Wahyu 5:9)
  • Yesus tinggal di dalam hidup semua orang percaya, bahwa orang Kristen adalah orang yang mengundang Yesus Kristus untuk tinggal di dalam hidupnya lewat Roh Kudus. Orang tersebut menyerahkan hak-hak kehidupan kepada Yesus, dan menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat hidup mereka. Orang tersebut percaya dan beriman akan karya Yesus sewaktu Dia mati, dikuburkan dan bangkit dari kematian (Yohanes 1:12; 15:4; Yohanes 14:17,23; Roma 8:11; Wahyu 3:20)
  • Baptisan Roh Kudus adalah janji Bapa yang diberikan pada hari Pentakosta. Diberikan setelah kenaikan Tuhan Yesus untuk memberi kuasa kepada Gereja dalam menyampaikan Injil kepada seluruh dunia (Kisah Rasul 1:8; 2:1-11; 11:15-16; 19:6)
  • Karunia-karunia Roh Kudus dinyatakan melalui berbagai karunia rohani untuk membangun dan menguduskan Gereja dan untuk membuktikan kebangkitan yang sejati dan kuasa Injil. Karunia rohani yang tercantum di dalam Alkitab dinyatakan melalui beragam manifestasi dan kombinasi. Semua orang percaya hendaklah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan karunia-karunia Roh Kudus dalam hidup mereka. Karunia-karunia ini bekerja dalam satu keselarasan dan tidak melanggar Firman Allah dan segala standar-standarNya (Roma 1:11; Roma 12:4-8; I Korintus 12:1-13; I Korintus 14:1-40; Efesus 4:16; 1 Timotius 4:14; II Timotius 1:5-16; Ibrani 2:4; I Petrus 4:10).
  • Gereja adalah tubuh Kristus, kediaman Allah melalui Roh Kudus, dan ditugaskan untuk memenuhi Amanat Agung Yesus Kristus. Setiap orang yang lahir baru dalam Roh merupakan suatu bagian yang terkait dari Gereja sebagai anggota kesatuan orang-orang percaya di dalam Yesus Kristus (Yohanes 17:11, 20-23; Efesus 1:22, 2:19-22; Ibrani 12:33; I Korintus 3:16-17; 6:19-20)
  • Sakramen baptisan air, bahwa Alkitab memerintahkan iap orang yang mau bertobat untuk memberi diri mereka dibaptis air di dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus (Matius 28:19; Kisah Rasul 2:38; Roma 6:4-6).
  • Sakramen perjamuan kudus adalah saat bersekutu yang khusus dalam hadirat Allah di mana unsur roti dan anggur (lambang tubuh dan darah Tuhan Yesus Kristus) diambil dan dimakan sebagai peringatan atas sengsara pengorbanan Yesus di kayu salib (Matius 26:26-29; Markus 16:16; Kisah Rasul 8:12, 36-38; 10:47-48; I Korintus 10:16; 11:3-26)
  • Kesembuhan orang sakit adalah bagian nyata dalam kehidupan dan pelayanan Yesus yang juga merupakan amanat Yesus bagi murid-muridNya. Kesembuhan merupakan suatu tanda yang mengikuti orang-orang percaya, juga merupakan bagian dari karya Yesus di kayu salib dan salah satu karunia yang diberikan oleh Roh Kudus (Mazmur 103:2-3; Yesaya 53:5; Matius 8:16-17; Markus 16:17-18; Roma 11:29; I Korintus 12:9, 28; Yakobus 5:14-16)
  • Kelepasan dari belenggu dosa dan akibat dosa, adalah bahwa Tuhan Yesus telah menjadi pelepas yang sempurna bagi orang percaya di kayu salib, sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya dan hidup menurut FirmanNya akan mengalami kemerdekaan sejati. Kelepasan yang diterima adalah kelepasan dari segala belenggu dosa dan dari segala akibat dosa (Roma 8:1-2; Yohanes 8:32,36)
  • Berkat adalah kehendak Bapa bagi setiap orang percaya agar menjadi sukses, sehat dan sempurna di dalam setiap area kehidupan. Tetapi karena kejatuhan dalam dosa, banyak orang yang hidup tidak dapat menikmati secara penuh kehendak berkat Tuhan ini. Fakta ini seharusnya tidak menghalangi semua orang percaya untuk berusaha sungguh-sungguh untuk menerima berkat-berkat Tuhan supaya setiap orang juga dapat menjadi berkat bagi sesama. Berkat yang Tuhan sediakan adalah berkat:
    • Kerohanian (Yohanes 3:3-11; Roma 10:9; Roma 10:2; II Korintus 5:17-21)
    • Mental/jiwa dan emosi (Yesaya 26:3; Roma 12:2; Filipi 4:7-8; II Timotius 1:7; II Timotius 1:7; 2:11)
    • Fisik/jasmani (Yesaya 53:4-5; Matius 8:17; I Petrus 2:24)
    • Keuangan (Ulangan 28:1-14; Yosua 1:8; Mazmur 34:10; Mazmur 84:11; Matius 3:10-11; Lukas 6:38: II Korintus 9:6-10; Filipi 4:19)
  • Kebangkitan Yesus adalah bahwa Yesus Kristus dibangkitkan secara fisik di dalam tubuh kemuliaan, tiga hari setelah kematianNya di kayu salib. Sebagai hasilnya, setiap manusia akan mengalami kebangkitan. Bagi yang percaya kepada Tuhan Yesus akan mengalami kebangkitan dalam hidup, dan bagi yang tidak diselamatkan, kebangkitan dalam hukuman abadi (Lukas 24:16, 36, 39; Yohanes 2:19-21; Yohanes 20:26-28, 21:4; Kisah Rasul 24:15; I Korintus 15:42, 44; Filipi 1:21-23; Filipi 3:21)
  • Sorga adalah tempat tinggal yang kekal untuk semua orang percaya akan Injil Keselamatan Yesus Kristus (Matius 5:3, 12, 20; Matius 19:21; Matius 25:34; Yohanes 17:24; II Korintus 5:1; Ibrani 11:16; I Petrus 1:4, Lukas 10:20)
  • Neraka setelah hidup satu kali di bumi, orang-orang yang tidak percaya akan dihakimi oleh Allah dan dikirim ke neraka di mana mereka akan mengalami siksaan selamanya bersama iblis dan malaikat yang jatuh/memberontak (Matius 25:41; Markus 9:43-48; Ibrani 9:27; Wahyu 14:9-11; Wahyu 20:12-15; Wahyu 21:8)
  • Kedatangan kedua kali, Yesus Kristus secara fisik dan nyata, akan datang kembali ke bumi untuk kali kedua untuk menegakkan kerajaanNya. Hal ini terjadi di suatu waktu yang tidak disebutkan oleh Firman Allah (Matius 24:30; Matius 26:63-64; Kisah Rasul 1:9-11; I Tesalonika 4:15-17; II Tesalonika 1: 7-8; Wahyu 1:7)

Wilayah Otonomi dan Regional

Pada struktur Sinode Gereja Mawar Sharon juga terdapat Wilayah Otonomi dan Regional, yaitu:

Wilayah Otonomi 1 Surabaya

No Gereja Lokal Gembala Sidang Wakil Gembala Sidang Gembala Wilayah Alamat
1 GMS Surabaya Pdt. Jusuf Soegiarto Soetanto & Pdm. Catharina Kusumadewi Hartana Pdt. Caleb Natanielliem & Febe Saphira Soetanto Pdt. Hendra Haryanto, Pdt. Robert Tedjasukmana Jalan Cempaka No. 16-24, Surabaya, Jawa Timur
2 GMS Surabaya Selatan Pdt. Antoni Moelyono Jalan Siwalankerto No. 145, Surabaya, Jawa Timur
3 GMS Surabaya Timur Pdt. Lukas Wibisono Sanctuary Hall, Vision Building Lantai 1, Marvell City Complex, Jalan Raya Ngagel No. 123, Surabaya, Jawa Timur

Wilayah Otonomi 2 Surabaya

No Gereja Lokal Gembala Sidang Gembala Wilayah Alamat
1 GMS 2 Surabaya Barat Pdt. Philip Mantofa & Irene Saphira Soetanto Pdt. Johannes Sonny Susanto Pakuwon Mall Surabaya, Lantai Rooftop 2, Perumahan Pakuwon Indah, Jalan Puncak Indah Lontar No. 2, Surabaya, Jawa Timur
2 GMS 2 Surabaya Selatan Pdp. Albert Hartanto Maspion Convention Center Lantai Dasar Blok MCC3, Maspion Square, Jalan Ahmad Yani No. 73, Surabaya, Jawa Timur
3 GMS 2 Surabaya Timur Pdt. Lianggono Tejo Bunarto Pakuwon City Mall Lt. 2 Unit 25-30, Jalan Kejawan Putih Mutiara No. 17, Pakuwon City, Surabaya, Jawa Timur
Wilayah Regional Indonesia
No Gereja Lokal Regional Gembala Regional Alamat Gereja Induk
1 GMS Bandung, GMS Bekasi, GMS Bogor, GMS Cikarang, GMS Cirebon, GMS Jakarta Barat, GMS Kelapa Gading, GMS Sukabumi, GMS Tangerang Jakarta, Jawa Barat, Banten (Jakartajabarbanten) Pdt. Fuji Harsono & Pdt. Magdalena Kristina GMS Jakarta Barat (Gedung Tribeca Lantai 1, Central Park Mall, Jalan Letjend S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat, DKI Jakarta)
2 GMS Magelang, GMS Purwokerto, GMS Salatiga, GMS Kudus, GMS Purwodadi, GMS Semarang, GMS Solo, GMS Yogyakarta Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng DIY) Pdt. Bernard Samuel & Pdt. Anita Veronica Pakasi GMS Semarang (Jalan Madukoro No. 8, Kav. 1 Tawangsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah)
3 GMS Batu, GMS Denpasar, GMS Jember, GMS Jombang, GMS Kediri, GMS Kupang, GMS Madiun, GMS Malang, GMS Mataram, GMS Nusa Dua, GMS Pasuruan, GMS Banyuwangi, GMS Blitar, GMS Lumajang, GMS Magetan, GMS Mojokerto, GMS Probolinggo, GMS Situbondo, GMS Tabanan, GMS Waingapu, GMS Tulungagung Jawa Timur, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara (Jatimbalinusa) Pdt. Samuel Muji Santoso & Pdt. Lanny Kristanti GMS Denpasar (Jalan Mahendradatta Utara No. 75A, Denpasar, Bali)
4 GMS Balikpapan, GMS Banjarbaru, GMS Banjarmasin, GMS Palangka Raya, GMS Pontianak, GMS Samarinda, GMS Sampit, GMS Batulicin, GMS Berau, GMS Bontang, GMS Pangkalan Bun, GMS Penajam, GMS Singkawang, GMS Tanjung Tabalong, GMS Tarakan Kalimantan Pdt. Judy Koesmanto & Pdt. Lie Debby Kartini GMS Samarinda (Jalan Belatuk 12 RT. 16, Kelurahan Temindung Permai, Sungai Pinang, Samarinda, Kalimantan Timur)
5 GMS Ambon, GMS Bitung, GMS Jayapura, GMS Kendari, GMS Kotamobagu, GMS Makassar, GMS Manado, GMS Masohi, GMS Palu, GMS Biak, GMS Gorontalo, GMS Manokwari, GMS Palopo, GMS Toraja, GMS Wamena, GMS Sorong, GMS Timika, GMS Tondano Tomohon Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampapua) Pdt. Thomas Budianto & Pdt. Erna Ekawati GMS Makassar (Jalan Gunung Latimojong No. 116, Hotel The Rinra Lantai 5, Makassar, Sulawesi Selatan)
6 GMS Batam, GMS Binjai, GMS Dumai, GMS Jambi, GMS Lampung, GMS Medan, GMS Medan Timur, GMS Palembang, GMS Pekanbaru, GMS Pematang Siantar, GMS Batu Aji, GMS Gunungsitoli, GMS Panam,, GMS Tanjung Morawa, GMS Tebing Tinggi, GMS Titi Pahan Sumatera Pdt. Maxi Eduard Lonta & Pdt. Tryfena Yochebed GMS Medan (Sun Plaza Lt. Roof, Jalan H. Zainul Arifin No. 7, Medan, Sumatera Utara)
Wilayah Regional Luar Negeri
No Gereja Lokal Regional Gembala Regional Alamat Gereja Induk
1 ROSC Chrey Thum, ROSC Hong Kong, ROSC Kota Kinabalu, ROSC Kuala Lumpur,

ROSC Kuching, ROSC Phnom Penh, ROSC Singapore. ROSC Taiwan

Asia Pdt. Yosep Moro Wijaya ROSC Singapore (Orchard Rendezvous Hotel, Antica Ballroom, Lantai 2, 1 Tanglin Road, Singapura)
2 ROSC Melbourne, ROSC Sydney, ROSC Timor Leste Australia Pdt. Samuel Muji Santoso ROSC Sydney (Level 4, 70 Dixon Street, Haymarket NSW 2000, Sydney, Australia)
3 ROSC Netherlands Eropa Pdp. Adrian Sarwono ROSC Netherlands (Millenium Tower Lantai 23, Weena 690, 3012 CN, Rotterdam, Belanda)
4 ROSC Los Angeles, ROSC New York, ROSC San Jose, ROSC Vancouver Amerika Serikat & Kanada Pdt. Mulyadi Budiyanto ROSC New York (Our Saviour New York Church, 92-14 63rd Dr.., Rego Park, New York, Amerika Serikat)

Referensi

  1. ^ "Upon This Rock, I will Build My Church". web.archive.org. 2016-11-09. Diakses tanggal 2023-10-03. 
  2. ^ "Sejarah Gereja Mawar Sharon". gms.id. 
  3. ^ "Peresmian GMS 2 Surabaya Barat, Rooftop Pakuwon Mall". www.youtube.com. 
  4. ^ "Pengakuan Iman Gereja Mawar Sharon". gms.church. Diakses tanggal 2023-10-03. 

Read other articles:

Lee Byung-hunLee Byung-hun pada bulan November 2020Lahir12 Juli 1970 (umur 53)Seoul, Korea SelatanKebangsaanKorea SelatanPendidikanUniversitas HanyangPekerjaanAktor, model, penyanyiAgenUnited Talent AgencyBH EntertainmentSuami/istriLee Min-jung ​(m. 2013)​Anak1Nama KoreaHangul이병헌 Hanja李炳憲 Alih AksaraI Byeong-heonMcCune–ReischauerRi Pyŏnghŏn Situs webwww.leebyunghun.kr Lee Byung-hun (bahasa Korea: 이병헌, 李炳憲, lahir 12 Juli 1970) adal…

Wifflebat en -bal Wifflebal is een op honkbal gebaseerde sport. Het is zowel binnen- als buitenshuis te spelen, zolang dat op geschikt terrein gebeurt. Het wordt gespeeld met een lichtgewicht knuppel (bat) en een speciale bal (de wifflebal). Wiffle is een geregistreerd handelsmerk van The Wiffle Ball, Inc., die wiffleballs en bats maakt. De fabriek ligt in Shelton, Connecticut. De wifflebal werd in 1953 uitgevonden door David N. Mullany uit Fairfield. Hij wilde voor zijn 12 jaar oude zoon een ba…

Сільське господарствоСільськогосподарські тераси для вирощування рису. Юньнань, Китай Історія Неолітична революція Австронезійська експансія Стародавній Єгипет Давня Греція Давній Рим Арабський халіфат Мезоамерика Британія Зелена революція Друга зелена революція Ук…

Пляж ПревеліΠρέβελη Загальна інформація 35°09′07″ пн. ш. 24°28′26″ сх. д. / 35.152222220027773858° пн. ш. 24.47388889002778001° сх. д. / 35.152222220027773858; 24.47388889002778001Координати: 35°09′07″ пн. ш. 24°28′26″ сх. д. / 35.152222220027773858° пн. ш. 24.47388889002778001° сх. д.…

القيادة القطرية لحزب البعث العربي الاشتراكي – قطر سوريا تاريخ التأسيس 1963  تعديل مصدري - تعديل   جزء من سلسلة مقالات سياسة سورياسوريا الدستور الدستور حقوق الإنسان السلطة التنفيذية رئيس الجمهورية (قائمة) بشار الأسد نائب رئيس الجمهورية (قائمة) نجاح العطار مجلس الوزراء رئي…

Santo RemigiusSanto Remigius membaptis Clovis I, karya Master of Saint Gilles, ca. 1500 (National Gallery of Art, Washington, D.C.)Uskup dan Pengaku ImanLahirca. 437Cerny-en-Laonnois, Picardy, PrancisMeninggal13 Januari 533Rheims, Champagne, PrancisDihormati diGereja Katolik RomaPersekutuan AnglikanOrtodoks TimurPesta13 Januari[1][2]1 Oktober (pemboyongan relik)[2]Atributmerpati, buku, lenteraPelindungPrancis Patung Santo Remigius di Gereja Santo Remigius, Sim…

Nelson A. MilesNelson A. MilesNama lahirNelson Appleton MilesLahir(1839-08-08)8 Agustus 1839Westminster, MassachusettsMeninggal15 Mei 1925(1925-05-15) (umur 85)Washington, D.C.Tempat pemakamanArlington National CemeteryPengabdianAmerika SerikatDinas/cabangAngkatan Darat Amerika SerikatUnion ArmyLama dinas1861–1903Pangkat Letnan JenderalKomandan61st New York Volunteer Infantry RegimentMilitary Division of the MissouriCommanding General of the United States ArmyPerang/pertempuranPerang…

Belarusian singer Petr ElfimovPetr Elfimov (2009)Background informationBirth namePetr ElfimovBorn (1980-02-15) 15 February 1980 (age 43)OriginMogilev, BelarusGenresRock, popOccupation(s)Singer, composerInstrument(s)VocalsYears active1986–presentMusical artist Petr Petrovich Elfimov (Belarusian: Пётр Ялфімаў, Piotr Jalfimaŭ, Russian: Пётр Елфимов, Pyotr Yelfimov) is a singer from Belarus who represented his nation at the Eurovision Song Contest 2009 in Moscow, Russia…

Luxembourgish writer (1871–1951) You can help expand this article with text translated from the corresponding article in Luxembourgish. (October 2013) Click [show] for important translation instructions. View a machine-translated version of the Luxembourgish article. Machine translation, like DeepL or Google Translate, is a useful starting point for translations, but translators must revise errors as necessary and confirm that the translation is accurate, rather than simply copy-pasting m…

الخطوط الجوية الصومالية إياتاHH إيكاوSOM رمز النداءSOMALAIR تاريخ الإنشاء 1945 الجنسية  الصومال المطارات الثانوية مطار هرجيسا الدولي الشركة الأم حكومة الصومال المقرات الرئيسية مقديشو، الصومال تعديل مصدري - تعديل   الخطوط الجوية الصومالية (بالإنكليزية: Somali Airlines) أنشئت في عام 19…

City in California, United States Visalia redirects here. For other uses, see Visalia (disambiguation). City in California, United StatesVisalia, CaliforniaCity Clockwise: View of Visalia; Bank of Italy Tower; Visalia Transit Center; Fox Theatre Nickname: Gateway to the SequoiasLocation within Tulare County in the state of CaliforniaVisaliaLocation in the United StatesShow map of CaliforniaVisaliaVisalia (the United States)Show map of the United StatesCoordinates: 36°19′49″N 119°17′…

Este artículo o sección necesita referencias que aparezcan en una publicación acreditada.Este aviso fue puesto el 6 de enero de 2012. Emanuel Xavier Información personalNacimiento 3 de mayo de 1971, 52 años Brooklyn, Estados UnidosNacionalidad estadounidenseEducaciónEducado en Grover Cleveland High School Información profesionalOcupación Escritor, poeta, actor y productor de eventosLengua literaria inglésGénero neo-NuyoricanDistinciones Premio Cultural de Herencia de Marsha A. Gó…

2013 StarCraft II World Championship Series Global Finals2013Tournament informationSportStarCraft IILocationAnaheim, CaliforniaAdministratorBlizzard EntertainmentVenue(s)Anaheim Convention CenterPurse$250,000Final positionsChampionKim sOs Yoo JinRunner-upLee Jaedong Jae-dong← 20122014 → The 2013 StarCraft II World Championship Series (WCS) is the 2013 edition of the StarCraft II World Championship Series, the highest level of esports competition for StarCraft II.[1]…

Glacier in Antarctica Ranuli Ice PiedmontLocation of Sentinel Range in Western AntarcticaLocation of Ranuli Ice Piedmont in AntarcticaTypetributaryLocationEllsworth LandCoordinates78°09′50″S 84°40′00″W / 78.16389°S 84.66667°W / -78.16389; -84.66667Length7 nautical miles (13 km; 8.1 mi)Width3 nautical miles (5.6 km; 3.5 mi)ThicknessunknownTerminusRutford Ice Stream to the east-northeastYoung Glacier to the northEllen Glacier to the south.Sta…

South Korean actress and radio DJ Not to be confused with Choi Se-yeon the costume designer. In this Korean name, the family name is Choi. Choi Kang-heeChoi Kang-hee in April 2017Born (1977-05-05) May 5, 1977 (age 46)Seoul, South KoreaOccupation(s)Actress, radio DJYears active1995–presentAgentManagement Gil (2019-present)[1]Korean nameHangul최강희Hanja崔江姬Revised RomanizationChoe Gang-huiMcCune–ReischauerCh'oe Kanghŭi Choi Kang-hee (born May 5, 1977) is a South Kor…

Saudi publisher King Fahd Complex for the Printing of the Holy Quran مجمع الملك فهد لطباعة المصحف الشريفFormation1985PurposePrinting of the QuranHeadquartersMedinaLocationSaudi ArabiaCoordinates24°30′59″N 39°32′29″E / 24.51639°N 39.54139°E / 24.51639; 39.54139Secretary GeneralDr. Bandar bin Fahd Al-SuwailemHeadSaleh Al SheikhWebsitequrancomplex.gov.sa King Fahd Complex for the Printing of the Holy Qur'an (Arabic: مجمع المل…

Television channel FirangiCountryIndiaBroadcast areaIndiaHeadquartersMumbai, MaharashtraProgrammingLanguage(s)HindiPicture format576i (SDTV)OwnershipOwnerSahara One Media & Entertainment LimitedSister channelsSahara OneFilmySamayHistoryLaunched25 February 2008; 15 years ago (2008-02-25)AvailabilityStreaming mediaMX Player[1] Firangi[1][2][3] is a Hindi-language entertainment channel that was owned by Sahara India Pariwar. Earlier, this channel had te…

Buah-buahan 'tak berguna' dari pohon berangan Para Pengembara dan Pohon Berangan adalah salah satu Fabel Aesop, bernomor 175 dalam Perry Index.[1] Cerita tersebut bersanding dengan cerita Pohon Kenari karena temanya sama-sama tentang manfaat. Dalam cerita tersebut, dua pengembara berteduh dari sinar matahari di bawah sebuah pohon berangan. Salah satu diantara mereka menyebut pohon tersebut tak berguna dan pohon tersebut menentang pandangan tersebut karena mereka sendiri memanfaatkan kete…

Orang Arab Indonesiaعرب إندونيسيا Maulana Hasanuddin Nuruddin al-Raniri Tuanku Imam Bonjol Nawawi al-Bantani Raden Saleh Ali bin Abdurrahman Alhabsyi Syarif Kasim II Syarif Hamid II Husein Mutahar Hamid Algadri Abdurrahman Baswedan Ali Alatas Muhammad Luthfi bin Yahya Muhammad Quraish Shihab Muhammad Rizieq Shihab Munzir bin Fuad Al-Musawa Khalid Basalamah Alwi Shihab Fadel Muhammad Irfan Bachdim Jumlah populasi118.866 (2010)[1]Daerah dengan populasi signifikanJakarta, Jawa B…

This article has multiple issues. Please help improve it or discuss these issues on the talk page. (Learn how and when to remove these template messages) This article includes a list of references, related reading, or external links, but its sources remain unclear because it lacks inline citations. Please help to improve this article by introducing more precise citations. (April 2014) (Learn how and when to remove this template message) This article needs additional citations for verification. P…

Kembali kehalaman sebelumnya