Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Ghost in the Shell (film 2017)

Ghost in the Shell
Theatrical release poster
SutradaraRupert Sanders
Produser
Skenario
Berdasarkan
Ghost in the Shell
oleh Masamune Shirow
Pemeran
Penata musik
SinematograferJess Hall
Penyunting
  • Neil Smith
  • Billy Rich
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures[2]
Tanggal rilis
Durasi107 minutes[5]
Negara
Bahasa
  • English
  • Japanese
Anggaran$110 million[7]
Pendapatan
kotor
$169.8 million[8]

Ghost in the Shell adalah Film Aksi Fiksi Ilmiah[9] Yang disutradarai oleh Rupert Sanders dan ditulis oleh Jamie Moss, William Wheeler serta Ehren Kruger, berdasarkan Japanese manga dengan nama yang sama buatan Masamune Shirow. Film ini dibintangi Scarlett Johansson, Takeshi Kitano, Michael Pitt, Pilou Asbæk, Chin Han dan Juliette Binoche. Bercerita tentang masa depan di mana garis antara Manusia dan robot menjadi semakin kabur, plotnya berkisah pada Mayor Kusanagi (Johansson), cyborg Prajurit super yang pada terpaksa harus kembali menginvestigasi kehidupan masa lalunya setelah ada insiden terorisme yang menewaskan perdana menteri.

Plot

Di masa depan, manusia ditambah dengan perbaikan cybernetic seperti visi, kekuatan, dan kecerdasan. Pengembang augmentasi Hanka Robotics membuat proyek rahasia untuk mengembangkan tubuh buatan, atau "cangkang", yang dapat mengintegrasikan otak manusia daripada AI. Mira Killian, satu-satunya yang selamat dari serangan cyberterrorist yang membunuh orang tuanya, dipilih sebagai subjek tes setelah tubuhnya rusak parah. Atas keberatan desainernya Dr. Ouelet, CEO Hanka Robotics, Cutter, memutuskan untuk menggunakan Killian sebagai operasi kontra-terorisme.

Setahun kemudian, Killian telah mencapai pangkat Mayor di biro kontra-terorisme Bagian 9, bekerja bersama operator Batou dan Togusa di bawah Kepala Daisuke Aramaki. Killian, yang mengalami halusinasi yang dianggap Ouelet sebagai gangguan, terganggu oleh betapa sedikitnya dia mengingat masa lalunya. Tim menggagalkan serangan teroris pada konferensi bisnis Hanka, dan Killian menghancurkan robot geisha setelah membunuh sandera. Setelah mengetahui bahwa geisha diretas oleh entitas tak dikenal yang dikenal sebagai Kuze, Killian melanggar protokol dan "menyelam" ke AI-nya untuk mendapatkan jawaban. Entitas tersebut mencoba melakukan counter-hack, dan Batou terpaksa memutuskan sambungannya. Mereka melacak peretas ke klub malam yakuza, di mana mereka terpikat ke dalam jebakan. Ledakan itu menghancurkan mata Batou dan merusak tubuh Killian. Cutter sangat marah dengan tindakan Killian, dan mengancam akan menutup Bagian 9 kecuali Aramaki menahannya.

Kuze melacak konsultan Hanka Bagian 9, Dr. Dahlin, dan membunuhnya. Tim menghubungkan pembunuhannya dengan kematian peneliti senior perusahaan lainnya dan menyadari bahwa Ouelet adalah target berikutnya. Kuze mengendalikan dua pekerja sanitasi dan mengirim mereka untuk membunuh Ouelet. Sekarang dengan mata sibernetik, Batou membunuh satu sementara Killian yang diperbaiki menaklukkan yang lain. Sementara mereka menginterogasi pekerja itu, Kuze berbicara melalui dia sebelum memaksanya untuk bunuh diri. Togusa melacak peretasan ke lokasi rahasia, di mana tim menemukan sejumlah besar manusia yang terhubung secara mental sebagai jaringan sinyal darurat. Killian ditangkap dan Kuze mengungkapkan bahwa dia adalah subjek tes Hanka yang gagal dari proyek yang sama yang menciptakan Killian. Dia mendesaknya untuk mempertanyakan ingatannya sendiri dan berhenti minum obatnya karena itu benar-benar membantu memblokir ingatannya. Kuze kemudian membebaskannya dan melarikan diri.

Killian menghadapi Ouelet, yang mengakui bahwa 98 subjek tes meninggal sebelum Killian, dan ingatannya ditanamkan. Cutter telah memutuskan bahwa Killian adalah kewajiban dan memerintahkan Ouelet untuk membunuhnya setelah dia kembali ke Hanka Robotics. Sebaliknya, Ouelet memberi Killian alamat dan membantunya melarikan diri. Cutter membunuh Ouelet, tetapi menyalahkan Killian, mengatakan bahwa dia telah menjadi nakal. Dia memberi tahu Aramaki dan tim bahwa Killian harus dihentikan.

Killian mengikuti alamat sebuah apartemen yang ditempati oleh seorang ibu janda, yang mengungkapkan bahwa putrinya, Motoko Kusanagi, melarikan diri dari rumah setahun yang lalu dan ditangkap; saat dalam tahanan, Motoko bunuh diri. Killian pergi dan menghubungi Aramaki, yang mengizinkan Cutter untuk menguping percakapan mereka dari jarak jauh. Batou, Togusa, dan Aramaki melenyapkan anak buah Cutter yang mencoba menyergap mereka, sementara Killian mengikuti ingatannya ke tempat persembunyian tempat Motoko terakhir terlihat. Di sana, dia dan Kuze bertemu dan mengingat kehidupan masa lalu mereka sebagai radikal anti-augmentasi yang diculik oleh Hanka sebagai subjek tes.

Cutter menyebarkan "tangki laba-laba" untuk membunuh mereka. Kuze hampir mati sebelum Killian mampu merobek Pusat Kontrol Motor tank, kehilangan lengan dalam prosesnya. Terluka parah, Kuze meminta Killian untuk "ikut denganku, tidak ada tempat bagi kita di sini". Killian menolak, mengatakan "tidak, saya belum siap untuk pergi, saya berada di sini". Kuze mengatakan dia akan selalu bersamanya dalam hantunya lalu menghilang, lalu seorang penembak jitu Hanka membunuhnya. Batou dan tim menyelamatkan Killian, sementara Aramaki mengeksekusi Cutter dengan persetujuan Killian. Keesokan harinya, sekarang telah memperbaiki dan merangkul identitas aslinya sebagai Motoko Jepang, Killian terhubung kembali dengan ibunya dan kembali bekerja dengan Bagian 9.

Tanggapan Kritikus

Film Ghost in the Shell mendapatkan review yang kurang positif dari para kritikus. Dari Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 46%, berdasarkan 199 ulasan, dengan rating rata-rata 5.6/10. Dari Metacritic, film ini mendapatkan skor 52 dari 100, berdasarkan 42 kritik. Dari CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.

Box Office

Film Ghost in the Shell meraup keuntungan sebanyak $31,529,863 di Amerika dan $92,800,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $124,329,863.

Pada pekan pertama, film ini langsung menduduki posisi nomor 3 Weekend Box Office, menggantikan posisi film Kong: Skull Island yang harus turun ke posisi nomor 5. Pada pekan kedua, film ini harus turun ke posisi nomor 5 Weekend Box Office, dan meraup keuntungan sebanyak $7,306,413, turun 60.9% dibandingkan pekan sebelumnya.

Tema dan Gaya

Ghost in the Shell kemudian rencana juga dirilis di Indonesia dalam bentuk kepingan VCD oleh Dutamitra Entertainment pada 31 Mater 2018. VCD tersebut saat itu dijual dengan harga Rp 27.500 dengan tambahan bonus postcard Scarlett Johansson, Pilou Asbaek, Takeshi Kitano, Juliette Binoche dan Michael Pitt

Referensi

  1. ^ Adam Chitwood (November 14, 2016). "Clint Mansell to Score 'Ghost in the Shell'". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-21. Diakses tanggal January 21, 2017. 
  2. ^ a b c d e "Film releases". Variety Insight. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2016. 
  3. ^ "Traditional Māori welcome for Ghost in the Shell". Scoop. February 25, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-14. Diakses tanggal November 13, 2016. 
  4. ^ "Ghost in the Shell (2017)". British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-13. Diakses tanggal 2022-10-02. 
  5. ^ "Ghost in the Shell (2017)". AMC Theatres. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-07. Diakses tanggal March 9, 2017. 
  6. ^ a b c d "Ghost in the Shell (2017)". AllMovie. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-07. Diakses tanggal November 11, 2016. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Lang
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BOM
  9. ^ "Ghost in the Shell (2017) - Rupert Sanders". AllMovie. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-07. Diakses tanggal 29 January 2020. 
Kembali kehalaman sebelumnya