Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Hubungan luar negeri Indonesia

Sejak merdeka, hubungan luar negeri Indonesia berpatokan pada kebijakan luar negeri "bebas dan aktif" dengan mencoba mengambil peran dalam berbagai masalah regional sesuai ukuran dan lokasinya, namun menghindari keterlibatan dalam konflik di antara kekuatan-kekuatan besar dunia. Kebijakan luar negeri Indonesia pada masa Orde Baru yang dipimpin Presiden Soeharto beralih dari sikap anti-Barat dan anti-Amerika yang menjadi ciri pemerintahan Soekarno. Setelah Soeharto mengundurkan diri tahun 1998, pemerintah Indonesia mempertahankan garis besar kebijakan luar negeri Soeharto yang moderat dan independen. Banyaknya masalah di dalam negeri tidak berhasil mencegah presiden-presiden selanjutnya untuk bepergian ke luar negeri serta partisipasi Indonesia dalam panggung internasional. Invasi ke Timor Leste oleh Indonesia pada bulan Desember 1975, aneksasinya tahun 1976, serta referendum kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia pada bulan Agustus 1999 memperkuat hubungan Indonesia dengan komunitas internasional. Dalam menjalankan kegiatan politik internasional, Indonesia melakukan cara yaitu dengan melakukan kerjasama dengan negara yang ada di dunia, sehingga Indonesia membuat konsep Lingkaran konsentris politik luar negeri. Lingkaran konsentris merupakan pembagian regional hubungan luar negeri yang dianggap mampu menjadi acuan Indonesia untuk melakukan hubungan internasional. Lingkaran konsentris juga dapat didefinisakan sebagai dua lingkaran atau lebih yang memiliki pusat yang sama. Dua lingkaran atau lebih tersebut dapat diartikan bahwa Indonesia dapat menjalin kerjasama dengan dua negara atau lebih agar dapat mewujudkan kepentingan nasional bangsa Indonesia. Dalam menjalankan konsep lingkaran konsentris ini, merupakan strategi Indonesia untuk dapat mewujudkan kepentingan nasional melalui menjalin kerjasama dengan negara yang ada di dunia.[1] Sebelum membentuk konsep lingkaran konsentris politik luar negeri, terdapat beberapa dasar yang menjadikan Indonesia menjalin kerjasama dengan beberapa negara di dunia. Dasar tersebut antara lain, ideologi, ekonomi, politik, dan keamanan. Dalam dasar ideologi, Indonesia menjalin kerjasama antar negara Asia-Afrika dimana negara tersebut adalah negara yang anti kolonialisme dan menjunjung tinggi perdamaian dunia. Keseriusan Indonesia yaitu ditunjukkan pada saat Indonesia berada pada pimpinan Soekarno, Indonesia merupakan negara yang melopori KAA (Konferensi Asia Afrika).[2] Selanjutnya, dalam dasar wilayah, Indonesia memprioritaskan kerjasama pada kawasan negara Asia Tenggara dan membentuk organisasi yaitu ASEAN. Dan yang terakhir adalah, dasar keamanan dan ekonomi. dalam dasar tersebut Indonesia menjalin kerjasama dengan China dan Amerika Serikat karena dianggap dapat diandalkan untuk bekerjasama dan dapat memberikan keuntungan bagi Indonesia dan dapat menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan dapat bersaing dengan negara lain.

Keanggotaan internasional

Tolak ukur kebijakan luar negeri kontemporer Indonesia adalah partisipasinya dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), karena Indonesia bersama Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina merupakan anggota pendirinya pada tahun 1967. Sejak itu, Brunei, Vietnam, Laos, Burma, dan Kamboja bergabung dengan ASEAN. Awalnya dibentuk untuk mempromosikan tujuan ekonomi, sosial, dan budaya bersama, ASEAN kemudian membentuk dimensi keamanan setelah Vietnam menyerbu Kamboja tahun 1979; aspek keamanan ASEAN meluas melalui pembentukan ASEAN Regional Forum tahun 1994 yang terdiri dari 22 negara, termasuk Amerika Serikat. Masalah dalam negeri Indonesia yang terus berlanjut telah mengalihkan perhatiannya dari berbagai urusan ASEAN, sehingga mengurangi pengaruhnya dalam organisasi tersebut.

Indonesia juga merupakan salah satu pendiri Gerakan Non-Blok (GNB) dan telah mengambil posisi moderat dalam setiap pertemuan. Sebagai Ketua GNB tahun 1992-95, Indonesia menarik GNB dari retorika konfrontasi Utara-Selatan, dan menyuarakan perluasan kerja sama Utara-Selatan dalam bidang pembangunan. Indonesia terus menjadi pemimpin Gerakan Non-Blok terdepan dan suportif.

Indonesia memiliki populasi Muslim terbanyak di dunia dan merupakan anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Indonesia secara hati-hati mempertimbangkan kepentingan solidaritas Islam dalam keputusan kebijakan luar negerinya, namun pada umumnya selalu menjadi pengaruh pertimbangan di OKI. Presiden Abdurrahman Wahid berusaha membentuk hubungan baik dengan Israel dan pada bulan Agustus 2000, ia bertemu dengan mantan Perdana Menteri Israel Shimon Peres. Akan tetapi, hingga Januari 2006, belum ada hubungan diplomasi formal antara Indonesia dan Israel. Karena itu, Indonesia, bersama Malaysia, membina hubungan luar negerinya dengan Israel melalui Singapura.[3]

Setelah 1966, Indonesia menyambut dan membuat hubungan dekat dengan negara-negara pendonor, terutama Amerika Serikat, Eropa Barat, Australia, dan Jepang, melalui Intergovernmental Group on Indonesia (IGGI) dan penggantinya, Consultative Group on Indonesia (CGI), yang telah menyediakan bantuan ekonomi asing dalam jumlah besar. Masalah di Timor Leste dan keengganan Indonesia untuk menerapkan reformasi ekonomi telah memperumit hubungan Indonesia dengan negara pendonor.

Indonesia dari dulu merupakan pendukung kuat forum Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). Melalui upaya Presiden Soeharto pada pertemuan tahun 1994 di Bogor, Indonesia, semua anggota APEC setuju memberlakukan perdagangan bebas di kawasan Asia-Pasifik pada tahun 2010 untuk negara maju dan 2020 untuk negara berkembang.

Sengketa internasional

Banyak pulau di Indonesia menjadi tempat tinggal kelompok bajak laut yang sering menyerang kapal-kapal di Selat Malaka sebelah utara,[4] dan nelayan-nelayannya secara ilegal sering memasuki perairan Australia dan Filipina.[5]

Selain itu, Indonesia juga memainkan peranan penting sebagai penengah dalam konflik perbatasan Thailand-Kamboja di sekitar wilayah Candi Preah Vihear

ASEAN

Indonesia menganggap ASEAN sebagai tolok ukur kebijakan luar negerinya melalui penerapan kekuatan regionalnya dan pengaruhnya yang damai dan konstruktif di antara negara ASEAN.

Malaysia

Pada awal 1960-an, hubungan antara Indonesia dan Malaysia sempat tegang akibat kebijakan konfrontasi yang diusung oleh Presiden Soekarno. Indonesia menentang pembentukan Federasi Malaysia pada tahun 1963, yang mencakup wilayah-wilayah bekas koloni Inggris di Borneo seperti Sabah dan Sarawak. Konflik ini berlangsung hingga tahun 1966 ketika Presiden Soekarno digantikan oleh Presiden Soeharto, yang kemudian mengakhiri konfrontasi dan memulai upaya normalisasi hubungan.

Usai dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia pada tahun 1981, Mahathir Mohamad langsung menemui Presiden Soeharto di Jakarta. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan kunjungan luar negeri pertama Mahathir setelah menjabat sebagai Perdana Menteri. Dia disambut di Bandara Halim dengan upacara kehormatan, lalu satu mobil menuju Wisma Negara tempatnya beristirahat. Soeharto mengantar Mahathir sampai ke kamar dan mengatakan bila ada kekurangan bisa disampaikan kepada orang yang disiapkan untuk melayani. Semua itu rupanya menorehkan kenangan yang mendalam bagi Mahathir.[6]

Asia

India

 India

Pada tahun 1950, Presiden Soekarno meminta rakyat Indonesia dan India "mempererat hubungan kordial" yang telah terbentuk antar kedua negara "selama lebih dari 1000 tahun" sebelum "diganggu" oleh kekuatan kolonial.[7] Lima belas tahun kemudian, demonstran di Jakarta berteriak "Bubarkan India, pelayan imperialis!" dan "Hancurkan India, musuh kita!" [8] Namun pada musim semi 1966, menteri luar negeri dari kedua negara mulai membicarakan era hubungan baik. India telah mendukung kemerdekaan Indonesia dan Nehru memulai pembicaraan tentang Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

India memiliki kedutaan besar di Jakarta [9] and Indonesia memiliki kedutaan besar di Delhi.[10]

Jepang

 Jepang

  • Indonesia dan Jepang memiliki hubungan baik.
  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Tokyo dan konsulat di Osaka. Jepang memiliki kedutaan besar di Jakarta dan konsulat di Medan, Denpasar, Surabaya, dan Makassar.
  • Kedua negara adalah anggota G20 dan APEC.
  • Jepang adalah mitra ekspor terbesar Indonesia.
  • Indonesia juga menawarkan bantuan saat terjadi gempa bumi di Jepang tahun 2011.

Pakistan

 Pakistan

Republik Rakyat Tiongkok

 Tiongkok

Cina dan Indonesia membentuk hubungan diplomatik tanggal 13 April 1950, yang dihentikan sementara tanggal 30 Oktober 1967 karena terjadi peristiwa 30 September 1965.

Hubungan bilateral kembali pulih sejak 1980-an. Menteri Luar Negeri Qian Qichen dari Cina bertemu Presiden Soeharto dan Menteri Dalam Negeri Moerdiono tahun 1989 untuk mendiskusikan kelanjutan hubungan diplomatik kedua negara. Pada bulan Desember 1989, kedua negara membicarakan masalah teknis mengenai normalisasi hubungan bilateral dan menandatangani perjanjian. Menlu Ali Alatas menerima undangan Cina pada tanggal Juli 1990 dan mereka membicarakan perjanjan penyelesaian obligasi utang Indonesia ke Cina dan komunike kelanjutan hubungan diplomatik antar kedua negara. Kedua negara meresmikan "Komunike Restorasi Hubungan Diplomatik Antar Kedua Negara".

Premier Li Peng menerima undangan Indonesia tanggal 6 Agustus 1990. Dalam diskusinya dengan Presiden Soeharto, kedua pihak mengekspresikan keinginannya untuk meningkatkan hubungan antar kedua negara atas dasar Pancasila dan Dasasila Bandung. Tanggal 8 Agustus, Menlu Cina dan Indonesia atas nama pemerintah negaranya masing-masing menandatangani nota kesepahaman mengenai kelanjutan hubungan diplomatik. Kedua pihak menyatakan secara resmi melanjutkan hubungan diplomatik antara Cina dan Indonesia pada hari itu.

Korea Selatan

 Korea Selatan

  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Seoul.
  • Korea Selatan memiliki kedutaan besar di Jakarta.
  • Skala perdagangan bilateral antara kedua negara bernilai US$14,88 miliar.
  • Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Korea Selatan telah meningkatkan hubungan dengan Indonesia
  • Indonesia dan Korea Selatan telah berinvestasi dalam berbagai proyek pengembangan militer bersama, termasuk pesawat jet tempur KFX/IFX
  • Firma Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), menjalani negosiasi kontrak final untuk menjual tiga kapal selam Type-209 ke Indonesia. Ini akan menjadi persetujuan pertahanan bilateral terbesar antar kedua negara dengan nilai USD1,1 miliar.
  • Pada tahun 2019, Pemerintah Republik Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hyundai Motor Company senilai Rp1.55 Milliar untuk berinvestasi ke Indonesia, dengan berdirinya pabrik otomotif Hyundai terbesar di Asia Tenggara di Cikarang bernama Hyundai Motor Manufacturing Indonesia

Timor Leste

 Timor Leste

Timor Leste (resminya Republik Demokratik Timor-Leste) dan Indonesia berbagi pulau Timor. Indonesia menyerbu bekas koloni Portugal ini pada tahun 1975 dan menganeksasinya tahun 1976, sehingga menjadikannya sebagai provinsi ke-27 dengan nama Timor Timur sampai diadakannya referendum dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 1999. Dalam referendum tersebut, rakyat Timor Leste memilih merdeka. Setelah pemerintahan sementara PBB, Timor Leste merdeka penuh pada tahun 2002.

Meski masa lalu yang buruk, hubungan dengan Indonesia masih sangat baik. Indonesia sejauh ini merupakan rekan dagang terbesar Timor Leste (sekitar 50% impor pada tahun 2005) dan terus meningkatkan pangsa pasarnya.

Masalah yang perlu diselesaikan meliputi pertemuan Komite Perbatasan Timor Leste-Indonesia untuk menyurvei dan menetapkan perbatasan darat; dan Indonesia sedang mencari solusi atas pengungsi Timor Leste di Indonesia.

 Turki

Palestina

 Palestina

  • Indonesia memiliki kedutaan besar non-residen di Amman
  • Palestina memiliki kedutaan besar di Jakarta
  • Pemerintah Indonesia secara resmi mendukung hak kebebasan serta kedaulatan Palestina

Oseania

Australia

 Australia

Sejak kemerdekaan Indonesia, kedua negara telah memiliki hubungan diplomatik, kerja sama formal (khususnya dalam bidang konservasi ikan, penegakan hukum, dan keadilan), kerja sama keamanan, perluasan hubungan perjanjian, keanggotaan bersama di forum regional, dan keanggotaan bersama di sejumlah perjanjian multilateral. Perdagangan antara kedua negara terus tumbuh setiap tahun. Perjanjian dagang dan kerjasama ekonomi IA-CEPA telah berlaku sejak bulan Juli 2020.

Pada tahun-tahun terakhir, komitmen bantuan Australia semakin besar untuk Indonesia, dan Australia telah menjadi destinasi pendidikan populer bagi pelajar Indonesia.[18]

Pada tahun 2008-09, Indonesia merupakan penerima bantuan terbesar Australia dengan nilai AUD462 juta.[19]

Papua Nugini

 Papua Nugini

Indonesia memiliki perbatasan sepanjang 760-kilometer (470 mi) dengan Papua Nugini melalui provinsi Papua dan Papua Barat. Perbatasan bersama ini telah memunculkan ketegangan dan masalah diplomatik selama beberapa dasawarsa.[20]

Indonesia memiliki kedutaan besar di Port Moresby dan konsulat di Vanimo.

Eropa

Bulgaria

 Bulgaria

  • Bulgaria termasuk di antara negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Hubungan diplomatik dibentuk tanggal 21 September 1956.
  • Bulgaria memiliki kedutaan besar di Jakarta sejak Oktober 1958
  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Sofia sejak 1960.[21]

Denmark

 Denmark

Perancis

 Perancis

  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Paris
  • France memiliki kedutaan besar di Jakarta

Finland

 Finlandia

  • Indonesia dan Finlandia memiliki hubungan dekat. Nokia memiliki pangsa pasar yang besar pada pasar telepon genggam Indonesia.

Jerman

 Jerman

  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Berlin
  • Jerman memiliki kedutaan besar di Jakarta

Yunani

 Yunani

Tahta Suci

 Tahta Suci

Indonesia mempunyai hubungan diplomatik yg dekat dengan takha suci Vatikan bahkan negara ini merupakan negara Eropa pertama yg mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara berdaulat Indonesia mempunyai duta besar di Vatikan Dan Vatikan mempunyai duta besar di jakarta

Belanda

 Belanda

  • Hubungan Indonesia–Belanda sudah dimulai sejak perdagangan rempah ketika Belanda mendirikan pos dagang di wilayah Indonesia sebelum menjadikannya koloni Hindia Belanda.
  • Militer Indonesia kadang membeli perlengkapan militer dari Belanda
  • Belanda tidak mengakui kedaulatan Indonesia sampai Desember 1949.
  • Pihak kerajaan Belanda mengisukan permintaan maaf resmi kepada Republik Indonesia melalui Raja Willem-Alexander

Portugal

 Portugal

Pada tahun 1999, Indonesia dan Portugal memulihkan hubungan diplomatik yang putus setelah invasi Indonesia ke Timor Leste tahun 1975

  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Lisbon[24]
  • Portugal memiliki kedutaan besar di Jakarta [25]

Rumania

 Rumania

  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Bukares[26]
  • Romania memiliki kedutaan besar di Jakarta

Rusia

 Rusia

  • Indonesia dan Rusia adalah anggota APEC.
  • Russia memiliki kedutaan besar di Jakarta.[27]
  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Moskwa dan konsulat jenderal di Saint Petersburg.[28]
  • Pada awal Perang Dingin, kedua negara memiliki hubungan erat melalui kunjungan presiden Indonesia Soekarno ke Moskwa dan pemimpin Soviet Nikita Khrushchev ke Jakarta. Ketika Soekarno digulingkan oleh Jenderal Soeharto, hubungan antar kedua negara tidak sedekat pada masa Soekarno.
  • Pada akhir 2007, Indonesia membeli senjata militer dari Rusia dengan pembayaran jangka panjang. Kedua negara juga merupakan anggota G20 dan APEC

Ukraina

 Ukraina

  • Indonesia mengakui kemerdekaan Ukraina tahun 1992 dan membentuk hubungan diplomatik tahun 1993. Indonesia memiliki kedutaan besar di Kiev.[29]
  • Ukraina memiliki kedutaan besar di Jakarta.[30]

Britania Raya

 Britania Raya

Britania Raya dan Indonesia telah memiliki hubungan erat sejak 1949.[31] Indonesia memiliki kedutaan besar di London,[32] Britania Raya memiliki kedutaan besar di Jakarta.[33]

Kementerian Budaya dan Pariwisata Indonesia meluncurkan kampanye untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari Britania Raya ke Indonesia.[32] Pada tahun 2009, 160.000 wisatawan Britania mengunjungi Indonesia. Tujuan kampanye ini adalah meninkatkan jumlahnya hingga 200.000 orang.[32]

Pada tahun 2006, mantan PM Britania Raya Tony Blair bertemu Susilo Bambang Yudhoyono dan setuju "mendirikan Indonesia-UK Partnership Forum yang diketuai oleh Menteri Luar Negeri kedua negara untuk mempromosikan dialog strategis dalam masalah bilateral, multilateral, dan global".[31] Forum Indonesia-Britania Raya pertama diadakan tahun 2007 dan diketuai oleh Menlu Britania Raya Margaret Beckett dan Menlu Indonesia Hassan Wirajuda.[31]

Bulan Maret 2010, anggota House of Lords memuji Indonesia atas kemajuannya dalam menciptakan demokrasi masyarakat, kebebasan media, dan perlindungan lingkungan.[34] Dalam pertemuan dengan Anggota DPR Indonesia Hayono Isman, House of Lords menyatakan bahwa mereka ingin meningkatkan hubungan antar kedua negara.[34]

Amerika Utara

Kanada

 Kanada

Meksiko

 Meksiko

Amerika Serikat

 Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki kepentingan ekonomi, komersial, dan keamanan di Indonesia. Indonesia masih menjadi bagian penting dari keamanan kawasan karena lokasi strategisnya di antara selat-selat kunci internasional, terutama Selat Malaka. Hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat bersifat positif dan terus meningkat sejak terpilihnya Presiden Yudhoyono pada Oktober 2004. Amerika Serikat memainkan peran penting dalam kemerdekaan Indonesia pada akhir 1940-an dan memuji peran Indonesia sebagai negara anti-komunis saat Perang Dingin. Hubungan kerja sama masih berlangsung sampai sekarang, meski tidak ada perjanjian keamanan formal yang mengikat kedua negara. Amerika Serikat dan Indonesia memiliki tujuan yang sama dalam mempertahankan perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan dan melakukan dialog mengenai ancaman keamanan kawasan. Kerja sama antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam perlawanan terorisme meningkat stabil sejak 2002, setelah serangan teroris di Bali (Oktober 2002 dan Oktober 2005), Jakarta (Agustus 2003 dan September 2004) dan lokasi regional lainnya yang menunjukkan keberadaan organisasi teroris, terutama Jemaah Islamiyah di Indonesia. Amerika Serikat menyambut kontribusi Indonesia dalam keamanan regional, khususnya peran utama Indonesia dalam membantu mempertahankan demokrasi di Kamboja dan menengahi sengketa wilayah di Laut Cina Selatan.

Amerika Selatan

Chili

 Chili

Afrika

Afrika Selatan

 Afrika Selatan

Libya

 Libya

  • Indonesia memiliki kedutaan besar di Tripoli dan Libya memiliki kedutaan besar di Jakarta.
  • Kedua negara adalah anggota OKI dan GNB.

Mesir

 Mesir

Mozambik

 Mozambik

Nigeria

 Nigeria

Organisasi internasional

Lihat pula

Catatan kaki

  1. ^ Asep Setiawan. Politik Luar Negeri Indonesia. [pdf] Online tersedia dalam: https://www.academia.edu/15831465/Politik_Luar_Negeri_Indonesia
  2. ^ Suryadinata, L., 1998. Faktor-Faktor Determinan Politik Luar Negeri Indonesia: Mencari Penjelasan. Politik Luar Negeri Indonesia di Bawah Soeharto. Jakarta: LP3ES, pp. 7-27.
  3. ^ "AsiaMedia:: INDONESIA: Israel starts website in Indonesian". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-20. Diakses tanggal 2018-08-08. 
  4. ^ BBC
  5. ^ afma.gov.au Diarsipkan 2006-05-13 di Wayback Machine.; abc.net.au
  6. ^ Sudrajat (2018-05-09). "Mahathir Mohamad, Antara Sukarno, Soeharto, dan Jokowi". detiknews. 
  7. ^ Foreign Policy of India: Text of Documents 1947-59 (p.54)
  8. ^ I New York Times September 10, 1965
  9. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-09. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  10. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-21. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  11. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-22. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  12. ^ https://archive.today/20120805102107/www.mofa.gov.pk/Indonesia/
  13. ^ http://pakistan.visahq.com/embassy/Indonesia/
  14. ^ http://www.developing8.org/2010/03/29/pakistan-ri-trade-could-reach-2-billion/
  15. ^ Reid, Anthony (2005), The Ottomans in Southeast Asia (PDF), ARI Working Papers, 36, Asia Research Institute, National University of Singapore, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-06-13, diakses tanggal 2012-11-13 
  16. ^ Embassy of Indonesia in Turkey
  17. ^ Embassy of Turkey in Indonesia
  18. ^ http://www.dfat.gov.au/media/speeches/foreign/1996/austindo.html see reference to '12000 students' from Indonesia
  19. ^ http://www.dfat.gov.au/geo/indonesia/indonesia_brief.html
  20. ^ http://countrystudies.us/indonesia/100.htm
  21. ^ Official Website of the Embassy of the Republic of Indonesia in Sofia, Bulgaria Diarsipkan 2009-06-26 di Wayback Machine..
  22. ^ "Indonesian embassy in Athens". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-10. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  23. ^ "Greek embassy in Jakarta". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-20. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  24. ^ Indonesian embassy in Lisbon
  25. ^ of Portugal[pranala nonaktif permanen]
  26. ^ "Indonesian embassy in Bucharest". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-01. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  27. ^ "Russian embassy in Jakarta". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-14. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  28. ^ Indonesian embassy in Moscow
  29. ^ "Indonesian embassy in Kiev". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-28. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  30. ^ Ukrainian embassy in Jakarta
  31. ^ a b c "UK-Indonesia relations". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-26. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  32. ^ a b c "News-Indonesianembassy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-26. Diakses tanggal 2012-11-13. 
  33. ^ Our embassy
  34. ^ a b "Ministry of Foreign Affairs - Members of the UK's House of Lords praised Indonesia's achievements". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-21. Diakses tanggal 2012-11-13. 

Pranala luar

Read other articles:

Teh min Maroko Teh min maroko adalah teh khas Maroko yang dicampur dengan daun min. Penyajian Teh min Maroko umumnya disajikan oleh keluarga-keluarga di Maroko. Jenis teh min maroko termasuk teh hijau dan memiliki manfaat bagi kesehatan.[1] Referensi ^ Lubis, Ena (2008). Hidangan Favorit ala Timur Tengah. Jakarta Selatan: Penerbit Hikmah. hlm. 68. ISBN 978-979-114-221-2.  Parameter |url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)

Esta página cita fontes, mas que não cobrem todo o conteúdo. Ajude a inserir referências. Conteúdo não verificável pode ser removido.—Encontre fontes: ABW  • CAPES  • Google (N • L • A) (Junho de 2021) Tris Speaker Informações pessoais Nome completo Tristram Edgar Speaker Data de nasc. 4 de abril de 1888 Local de nasc. Hubbard, Texas Nacionalidade Americano Falecido em 8 de dezembro de 1958 (70 anos) Local…

Принцеса Анджеліна Народилася 1820[1]Сіетл, Вашингтон, СШАПомерла 31 травня 1896(1896-05-31)Сіетл, Вашингтон, СШАПоховання Lake View CemeterydКраїна  СШАДіяльність basket weaverТитул принцеса  Медіафайли у Вікісховищі Принцеса Анджеліна (англ. Princess Angeline; близько 1820 — 31 травня 1896), влас

Historic luxury hotel in London, England This article is about the London hotel. For other uses, see Savoy Hotel (disambiguation). Savoy HotelThe main entrance to the Savoy from StrandHotel chainFairmont Hotels and ResortsGeneral informationStatusCompletedTypeHotelArchitectural styleArt DecoAddressStrandCity of WestminsterWC2R 0EZTown or cityLondonCountryEnglandNamed forLiberty of the SavoyConstruction started1886Opened6 August 1889; 134 years ago (1889-08-06)OwnerKingdom Holdi…

Largest park in Milpitas, California Ed R. Levin County ParkA view of the Ed R. Levin County Park and Sandy Wool Lake from Agua Caliente TrailEd R. Levin County ParkTypelandscape gardenLocationMilpitas, CaliforniaCoordinates37°28′00″N 121°51′25″W / 37.466604°N 121.856900°W / 37.466604; -121.856900[1]AreaSanta Clara County Parks and Recreation DepartmentOperated bySanta Clara County Parks and Recreation Department Spring Valley Pond Ed R. Levin Cou…

Pour les articles homonymes, voir Zara. Zadar Héraldique Drapeau Vue de Zadar. Administration Pays Croatie Comitat Zadar Maire Zvonimir Vrančić[1] HDZ Code postal 23000 Indicatif téléphonique international +(385) Indicatif téléphonique local (0) 23 Démographie Population 75 082 hab. (2011) Densité 390 hab./km2 Géographie Coordonnées 44° 06′ 51″ nord, 15° 13′ 40″ est Altitude 0 m Superficie 19 240 ha = 192,…

كعالات تقسيم إداري البلد المغرب  الجهة فاس مكناس الإقليم تاونات الدائرة تيسة الجماعة القروية واد الجمعة المشيخة وادى اللبن السكان التعداد السكاني 258 نسمة (إحصاء 2004)   • عدد الأسر 29 معلومات أخرى التوقيت ت ع م±00:00 (توقيت قياسي)[1]،  وت ع م+01:00 (توقيت صيفي)[1]  تعدي…

For related races, see 1950 United States gubernatorial elections. 1950 Alabama gubernatorial election ← 1946 November 7, 1950 1954 →   Nominee Gordon Persons John S. Crowder Party Democratic Republican Popular vote 154,414 15,127 Percentage 91.08% 8.92% County resultsPersons:      50–60%      60–70%      70–80%      80–90%      >…

Type of university affiliated with the Catholic Church Catholic University redirects here. For the Catholic university in Washington, D.C., see Catholic University of America. For Catholic primary and secondary education, see Catholic school. Dinand Library at the College of the Holy Cross in Worcester, Massachusetts, U.S. Catholic higher education includes universities, colleges, and other institutions of higher education privately run by the Catholic Church, typically by religious institutes. …

English temperance movement activist Portrait of Miss Caine (4674326) Ruth, Lady Herbert Lewis, OBE (née Caine; 29 November 1871 – 26 August 1946) was an English temperance movement activist of Manx descent and collector of Welsh folk songs. She published collections of Welsh folk songs, and was a key member of the Welsh Folk-Song Society in the first half of the 20th century. Early life and education Ruth Caine was born in Liverpool, the daughter of William Sproston Caine and Alice Brown Cai…

Arquidiócesis de Túnez Archidioecesis Tunetana (en latín) Catedral de San Vicente de PaúlInformación generalIglesia católicaIglesia sui iuris latinaRito romanoSufragánea de inmediatamente sujeta a la Santa SedeFecha de erección 21 de marzo de 1843 (180 años)Bula de erección Ex debitoElevación a arquidiócesis 22 de mayo de 2010SedeCatedral de San Vicente de Paúl y Santa OliviaCiudad sede TúnezDivisión administrativa gobernación de TúnezPaís Túnez TúnezCuria arzobispa…

Metro station in Delhi, India This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Laxmi Nagar metro station – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (March 2017) (Learn how and when to remove this template message) Laxmi Nagar Delhi Metro stationGeneral informationLocationVikas Marg, Delhi 110092Coordinates28…

Defunct airline of the United States (1981—1987) This article is about the airline that operated in the 1980s. For the airline that was proposed in 2009, see JetAmerica. Not to be confused with easyJet, ExpressJet, Jat Airways, Jet Airways, Jet Asia Airways, jetBlue, Jetstar, or WestJet. This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Jet Ameri…

Third crewed Moon landing Apollo 14Alan Shepard and the American flag on the Moon, Apollo 14, February 1971 (photo by Edgar Mitchell)Mission typeCrewed lunar landing (H)OperatorNASA[1]COSPAR IDCSM: 1971-008A[2]LM: 1971-008C[2]SATCAT no.CSM: 4900[3]LM: 4905[4]Mission duration9 days, 1 minute, 58 seconds Spacecraft propertiesSpacecraftApollo CSM-110Apollo LM-8ManufacturerCSM: North American RockwellLM: GrummanLaunch mass102,084 pounds (46,305&…

Private college in Conway, Arkansas, US Hendrix CollegeFormer namesCentral Institute (1876–1881)Central Collegiate Institute (1881–1889)Mottoεἰς ἄνδρα τέλειον (Ancient Greek)Motto in EnglishUnto the whole personTypePrivate liberal arts collegeEstablished1876; 147 years ago (1876)Religious affiliationUnited Methodist ChurchAcademic affiliationsSpace-grantEndowment$200.7 million (2019)[1]PresidentKaren PetersonAcademic staff91 Full-time and …

Tuyên bố Bàn Môn Điếm về hòa bình, thịnh vượng và thống nhất bán đảo Triều Tiên được thông qua giữa nhà lãnh đạo Bắc Triều Tiên Kim Jong-un và Tổng thống Hàn Quốc Moon Jae-in vào ngày 27 tháng 4 năm 2018, trong Hội nghị thượng đỉnh liên Triều Tiên năm 2018 về phía Hàn Quốc của Nhà Hòa bình trong Khu vực an ninh chung. Theo tuyên bố, các nhà lãnh đạo Bắc Triều Tiên đã đồng ý làm việc cùng…

This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Great Depression in France – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (July 2020) (Learn how and when to remove this template message) Great Depression1931–1939Evolution of the gross domestic product in several countries between 1929 and 1939LocationFranceChr…

De Smedenpoort, buitenzijde De Smedenpoort is een van de vier overgebleven stadspoorten van Brugge. De eerste poort dateert van 1297-1299, maar werd in 1367-1368 herbouwd door de meester-metselaars Jan Slabbaert en Mathias Saghen. Later werd ze nog enkele keren verbouwd. Kenmerkend aan deze poort is dat ze, net als de Ezelpoort, volledig omringd is door water. In 2012 werd aan beide zijden van de poort een voetgangersbrug aangelegd. Dankzij deze ingreep werd het mogelijk voor voetgangers om rond…

5th episode of the 14th season of South Park 200South Park episodeEpisode no.Season 14Episode 5Directed byTrey ParkerWritten byTrey ParkerProduction code1405Original air dateApril 14, 2010 (2010-04-14)Episode chronology ← PreviousYou Have 0 Friends Next →201 South Park (season 14)List of episodes 200 is the fifth episode of the fourteenth season of the American animated television series South Park, and the 200th overall episode of the series, hence the name. It…

Subgenre of heavy metal music This article is about the musical genre. For the albums, see Black Metal (Venom album) and Black Metal (Dean Blunt album). For other uses, see Black Metal (disambiguation). Black metalStylistic originsThrash metal[1]death metal[2]hardcore punk[3][4]Cultural originsEarly to mid-1980s, EnglandScandinaviaDerivative formsDungeon synth[5]Subgenres Ambient black metal folk black metal industrial black metal National Socialist black …

Kembali kehalaman sebelumnya