Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Menteri Luar Negeri Irlandia

Menteri Luar Negeri
Aire Gnóthaí Eachtracha
Petahana
Micheál Martin

sejak 17 Desember 2022
Departemen Luar Negeri
Anggota
AtasanTaoiseach
KantorIveagh House, Dublin, Irlandia
Ditunjuk olehPresiden Irlandia atas pencalonan oleh Taoiseach
Pejabat perdanaGeorge Noble Plunkett
Dibentuk22 Januari 1919
Situs webDepartment of Foreign Affairs

Menteri Luar Negeri (bahasa Irlandia: An tAire Gnóthaí Eachtracha) adalah menteri utama di Pemerintah Irlandia. Menteri Luar Negeri mengepalai Departemen Luar Negeri

Departemen Luar Negeri berada di Iveagh House, St Stephen's Green, Dublin; "Iveagh House" sering digunakan sebagai metonimia untuk departemen tersebut secara keseluruhan. Dari tahun 1922 hingga 1971 jabatan Menteri Luar Negeri dikenal sebagai Menteri Urusan Luar Negeri.

Saat ini Menteri Luar Negeri Irlandia dijabat oleh Micheál Martin, TD.

Ikhitsar Jabatan

Iveagh House,Departemen Luar Negeri, Irlandia

Dalam menjalankan tugasnya Menteri Luar Negeri dibantu oleh beberapa Menteri Negara yaitu :

  • Peter Burke, TD sebagai Menteri Negara untuk Urusan Eropa
  • Seán Fleming, TD sebagai Menteri Negara untuk Diaspora dan Pengembangan Internasional[1][2].

Departemen Luar Negeri memiliki beberapa bidang yaitu :

  1. Bidang Keuangan yang bertuaas untuk melakukan kontrol keuangan dalam Departemen Luar Negeri
  2. Bidang Anglo-Irlandia yang bertugas untuk setiap hubungan Anglo-Irlandia dan Irlandia Utara.
  3. Bidang Kebudayaan yang bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas administrasi yang berkaitan dengan Program Hubungan Kebudayaan
  4. Bidang Uni Eropa yang bertugas untuk melakukan pendekatan dan tindakan-tindakan yang diperlukan dengan Uni Eropa.
  5. Bidang Kerjasama Pengembangan yang bertugas untuk melakukan koordinasi atas Program Bantuan Irlandia dan Kebijakan Pengembangan Internasional.
  6. Bidang Konsulat dan Paspor yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan paspor kepada warga negara Irlandia.
  7. Bidang Politk yang bertanggung jawab atass permasalahan politik internasional dan melakukan manajemen terhadap keikutsertaan negara dalam Kebijakan Keamanan dan Luar Negeri Umum Uni Eropa.
  8. Bidang Protokoler yang bertanggjung jawab untuk pengorganisasian dan manajemen kunjungan tamu-tamu kenegaraan ke Irlandia dan kunjungan ke luar negeri yang akan dilakukan oleh Presiden Irlandia.

Menteri Luar Negeri bertanggung jawab untuk segala urusan antara Irlandia dan negara-negara sahabat lainnya. Departemen Luar Negeri menggambarkan perannya sebagai Departemen Luar Negeri memberi nasihat kepada Menteri Luar Negeri, Menteri Negara di Departemen Luar Negeri dan Pemerintah mengenai semua aspek kebijakan luar negeri dan mengoordinasikan tanggapan Irlandia terhadap perkembangan internasional

Selain itu Departemen Luar Negeri akan diminta untuk memberikan nasihat dan dukungan atas segala urusan yang terkait dengan perdamaian, kerja sama dan rekonsiliasi di Irlandia Utara dan antara bagian Utara dan Selatan Pulau Irlandia serta memperkuat hubungan Irlandia dengan Britania Raya[3].

Daftar Referensi

  1. ^ "List of Ministers and Ministers of State", Government of Ireland, diarsipkan dari versi asli tanggal 7 August 2020, diakses tanggal 31 July 2020 
  2. ^ "Our Ministers". Department of Foreign Affairs. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 September 2020. Diakses tanggal 25 August 2020. 
  3. ^ "Department of Foreign Affairs: The Role of the Department". Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 January 2010. Diakses tanggal 15 April 2012. 

Pranala Luar

Website Departemen Luar Negeri Irlandia

Kembali kehalaman sebelumnya